Apa yang dimaksud dengan penyakit keterbelakangan mental?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dokter, boleh kah info sebenarnya keterbelakangan mental itu seperti apa? Akhir-akhir ini anak saya sering murung dan bisa marah tiba-tiba.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keterbelakangan mental atau retardasi mental merupakan kondisi di mana kecerdasan atau kemampuan mental seseorang berada di bawah rata-rata, disertai dengan kurangnya keterampilan untuk aktivitas sehari-hari. Orang dengan keterbelakangan mental dapat mempelajari keterampilan baru, namun dengan lebih lambat.

Gejala keterbelakangan mental :

  • Gagal mencapai standar intelektual
  • Kesulitan belajar berbicara atau berbicara dengan tidak jelas
  • Perilaku kekanakan yang tidak konsisten dengan usia anak
  • Kesulitan dalam belajar
  • IQ di bawah 70

Pada anak-anak dengan keterbelakangan mental yang parah, mungkin juga terdapat masalah kesehatan lainnya. Masalah ini meliputi kejang, gangguan pada mood (gelisah, autis, dll), gangguan keterampilan motorik, gangguan penglihatan atau pendengaran.

Penyebabnya bisa karena kondisi genetik, gangguan saat kehamilan (konsumsi alkohol atau obat-obatan, malnutrisi, infeksi atau preeklampsia), gangguan saat persalinan (bisa terjadi jika janin, kekurangan oksigen saat persalinan atau lahir sangat prematur).

Jika anak Anda mengalami keluhan seperti yang di sebutkan diatas sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter Anak untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga bermafaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Victim blaming adalah mental menyalahkan korban atas terjadinya kejahatan

Sering Dialami Oleh Korban, Apa Itu Victim Blaming?

Bukan rahasia umum jika keadilan seakan tidak berpihak pada korban kekerasan seksual. Bukannya mendapat keadilan setelah memberanikan diri menyuarakan penderitaannya, yang terjadi justru victim blaming. Korban justru dianggap sebagai yang bersalah. Ini hanya segelintir contoh, karena victim blaming bisa terjadi seputar hal apapun.