Apa yang dimaksud dengan PCOS?

A Info Penanya: A, Wanita, 24 Tahun
Dok kalau picos itu apa sih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kemungkinan yang Anda maksud PCOS ya? Polycystic Ovary Syndrome yaitu suatu gangguan hormonal yang sering terjadi pada wanita usia reproduktif. Menstruasi bisa tidak teratur, berkepanjangan atau kelebihan hormon androgen (hormon yang banyak pada laki-laki). Sehingga banyak kantung folikel dalam indung telur. Biasanya satu folikel menghasilkan satu sel telur setiap bulannya (ovulasi). Namun folikel pada PCOS walau membesar tapi tidak mengeluarkan sel telur. Faktor resiko adalah diabetes dan gangguan jantung.

Karena menstruasi yang tidak teratur bisa mengakibatkan gangguan kesuburan. Dan karena kelebihan hormon androgen akibatnya pertumbuhan rambut berlebih pada wajah, dada dan perut. Kemudian rambut di kepala sering rontok, timbul jerawat, kulit berminyak dan obesitas.

Faktor resiko karena kelebihan insulin, terutama penderita diabetes. Insulin mengakibatkan peningkatan hormon androgen. Kemudian ada pengaruh dari keturunan serta adanya peradangan di indung telur. Berikut artikel mengenai PCOS dan Endometriosis yang mempengaruhi kesuburan yang bisa ada baca sebagai referensi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah haid sedikit bisa saja terjadi akibat stres yang mendera

Darah Haid Sedikit, Apa Penyebabnya?

Umumnya, siklus menstruasi yang dialami oleh kaum hawa tidak jauh berbeda setiap bulan. Namun ada pula kondisi-kondisi tertentu yang dapat membuat darah haid sedikit atau tidak sebanyak biasanya.