Apa yang dimaksud dengan mimisan ?

YI Info Penanya: YI, Pria, 19 Tahun
Pak dr .mengapa hidung saya keluar darah beku dari hidung.posisi badan saya batuk dan beringus sama ke sumbat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, YI.

   Mimisan atau epistaxis merupakan perdarahan spontan dari dalam hidung. Berdasarkan atas daerah asal perdarahan epistaksis dibagi atas dua kategori, yaitu epistaksis anterior dan posterior. Diagnosis dan penanganan epistaksis bergantung pada lokasi dan penyebab perdarahan.

   Penyebab epistaksis dapat berupa penyebab lokal maupun sistemik;
- Penyebab lokal termasuk epistaksis idiopatik, trauma (patah tulang hidung, mengorek hidung terlalu keras), inflamasi, neoplasia/tumor, vaskular, iatrogenik, kelainan struktural, dan obat-obatan seperti semprot hidung, benda asing di hidung.
- Penyebab sistemik berupa kelainan hematologi (hemofilia, leukemia), lingkungan (temperatur, kelembaban dan ketinggian), obat-obatan (contoh antikoagulan), gagal organ (uremia dan gagal hati), serta penyebab lain misalnya hipertensi.

   Terkait dengan keluhan anda, mimisan yang terjadi kemungkinan dikarenakan trauma akibat terlalu sering mengorek atau mengeluarkan sekret dari hidung terlalu keras. 

   Sebaiknya periksakan diri anda ke dokter agar diobati keluhan pilek/hidung tersumbat, diharapkan dengan pengobatan tersebut, mimisan yang anda keluhkan juga akan sembuh.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab ingus berdarah beragam, namun umumnya tidak berbahaya

Mengenal Penyebab Ingus Berdarah, dari yang Umum hingga Langka

Mayoritas kejadian ingus berdarah atau mimisan bisa ditangani di rumah. Tetapi ada juga mimisan yang harus segera ditangani di rumah sakit. Kapan Anda harus waspada?