Apa yang dimaksud dengan lotus birth?

Z Info Penanya: Z, Pria, 30 Tahun
Dokter, aku tuh sempet denger mengenai lotus birth. Itu prosedur dan syaratnya apa sih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M.

Lotus birth adalah suatu prosedur persalinan atau cara melahirkan yang tidak melakukan pemotongan tali pusat atau plasenta ketika bayi lahir, atau dengan kata lain, tali pusat dibiarkan tetap utuh. Sedangkan umumnya pada proses persalinan normal, pemotongan tali pusat bayi akan dilakukan segera setelah bayi lahir. Lotus birth ini merupakan prosedur persalinan yang masih terbilang baru. Pada prosedur tersebut, tali pusat dibiarkan lepas dengan sendirinya. Lotus birth dinilai bermanfaat untuk menurunkan kemungkinan luka di pusar bayi dan meningkatkan sel darah serta nutrisi yang masuk melalui placenta.

Adapun beberapa kontra indikasi dilakukannya lotus bird yang meliputi :

Umumnya lotus birth dilakukan sebagai ritula tertentu yang terlepas dari praktek medis. Namun, dalam sudut pandang medis, masih diperlukan riset lebih lanjut untuk membuktikan bahwa manfaatnya lebih banyak daripada risikonya.

Terdapat berbagai risiko yang dapat terjadi pada prosedur lotus birth, diantaranya ialah :

  • berpotensi menimbulkan infeksi 
  • lebih berisiko untuk menderita penyakit kuning atau hiperbilirubinemia
  • memicu masalah pada perkembangan

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan pada prosedur persalinan lotus birth ada baiknya untuk menimbang lebih lanjut manfaat dan kekurangannya sebelum menjalani prosedur tersebut. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Kandungan secara langsung untuk memutuskan prosedur persalinan yang terbaik untuk Anda.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses melahirkan bayi kembar bisa berlangsung lebih singkat atau lebih panjang

Inilah Proses Melahirkan Bayi Kembar Secara Normal

Proses melahirkan bayi secara normal ternyata bisa dilakukan. Namun, tentu saja dengan berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan. Oleh sebab itu, ketahui lebih jauh mengenai hal ini.