25 Dec 2020, 15:21Penyakit Lainnya

Apa yang dimaksud dengan ketergantungan obat ?

KA
Info Penanya: KA, Wanita, 19 Tahun
ketergantungan dengan obat
2045 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, K.Obat merupakan salah satu cara untuk menyembuhan penyakit ataupun mengurangi gejala dari suatu penyakit. Obat memiliki banyak efek tergantung jenis apa obat yang dikonsumsi, berapa banyak obat yang dikonsumsi, interaksi dan reaksi apa yang ditimbulkan oleh obat terhadap tubuh.

Apa yang dimaksud dengan ketergantungan obat ?

Yang dimaksud dengan ketergantungan obat dimana seseorang mengkonsumsi obat secara terus-menerus tanpa adanya indikasi medis dan resep dari dokter. Konsumsi obat secara terus menerus ini dilakukan untuk mendapakan efek obat yang ditimbulkan misalnya perasaan bahagia, ketenangan, dan halusinasi.

Obat apa yang menyebabkan ketergantungan ?

Semua obat dapat menyebabkan ketergantungan termasuk obat yang dijual bebas. Namun ada beberapa obat yang sering menyebabkan ketergantungan antara lain : obat-obatan penenang, obat jenis narkotika, obat batuk yang disalahgunakan untuk berhalusinasi, dan obat pereda nyeri.

Cara mengatasi ketergantungan obat

Cara mengatasi ketergantungan obat yaitu dengan meyakinkan diri jika dapat berhenti dari penggunaan obat-obatan tersebut. Hindari teman yang mengajak untuk mengkomsusi obat-obatan terlarang. Lakukan kegiatan yang positif bersama teman dan keluarga. Hindari menyendiri untuk mencegah pemakaian obat kembali. Konsultasi ke dokter untuk pengobatan dan pemeriksaan jika Anda mengalami ketergantungan obat-obatan sejenis penenang dan narkotika. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara mendalam, obat apa yang Anda konsumsi, berapa lama dan berapa banyak konsumsi obat tersebut, efek apa yang ditimbulkan di diri Anda. Setelah itu, dokter akan melakukan rehabilitasi baik di rumah sakit ketergantungan obat, maupun tempat khusus yang disediakan untuk Anda. Proses rehabilitasi ini dengan menghentikan semua obat yang menyebabkan ketergantungan. Saat proses rehabilitasi ini akan menimbulkan rasa sakit, depresi, marah, pada diri Anda. Namun Anda harus tetap kuat. Karena setelah proses rehabilitasi berhasil Anda akan melakukan detoksifikasi untuk menyingkirkan  semua efek obat terhadap tubuh Anda. Jika semua tahap telah dijalani, maka Anda akan terbebas dari ketergantungan obat, dan bisa kembali beraktifitas seperti biasa.Semoga bemanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
obat penenangketergantungan opioidnarkoba
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil