Apa yang dimaksud dengan infeksi saluran kemih ?

MD Info Penanya: MD, Pria, 19 Tahun
Selamat siang dok... Saya wanita umur 19 tahun. Syaa sudah menikah..Saya sering buang air kecil sangat nyeri/anyang2an..Skrg pinggang sbelah kiri sma perut sbelah kiri saya sakot bangett.. Kmrn perut saya kembung sbelah kiri tok.. Itu knpaa ya dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MD.

Berdasarkan keluhan yang anda kemungkinan anda mengalami infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih (ISK) adalah suatu keadaan dimana kuman atau mikroba tumbuh dan berkembang biak dalam saluran kemih dalam jumlah bermakna.

Infeksi saluran kemih diklasifikasikan berdasarkan anatomi, yaitu:
- Infeksi saluran kemih bawah : pada wanita berupa sistitis, uretritis
- Infeksi saluran kemih atas : pielonefritis akut dan kronik

Infeksi saluran kemih sebagian besar disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur tetapi bakteri yang sering menjadi penyebabnya. Penyebab ISK terbanyak adalah bakteri gram-negatif termasuk bakteri yang biasanya menghuni usus dan akan naik ke sistem saluran kemih antara lain adalah Escherichia coli, Proteus sp, Klebsiella, Enterobacter.

Infeksi saluran kemih dapat diketahui dengan beberapa gejala seperti demam, susah buang air kecil, nyeri setelah buang air besar (disuria terminal), sering buang air kecil, kadang-kadang merasa panas ketika berkemih, nyeri pinggang, nyeri suprapubik, mual atau muntah. Namun, gejala-gejala klinis tersebut tidak selalu diketahui atau ditemukan pada penderita ISK. Untuk menegakan diagnosis dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap, urinalisis, ureum dan kreatinin, kadar gula darah, urinalisasi rutin, kultur urin, dan dip-stick urine test.

Selengkapnya tentang infeksi saluran kemih, dapat anda simak disini.


Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Begini Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih yang Benar agar Tak Kambuh Lagi

Infeksi Saluran Kemih (ISK) bisa disembuhkan, namun dapat kambuh lagi. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan infeksi saluran kemih kambuh, antara lain sistem imun yang lemah dan kebersihan organ intim yang tidak terjaga. Cara mengobatinya dengan memberikan antibiotik oleh dokter.