Apa yang dimaksud dengan hormon HCG?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok saya sedang hamil 2 bulan. Sering ada pembahasan hormon HCG. itu apa sih dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N,

Terimakasih atas pertannyaan Anda di SehatQ.

Human Chorionic Gonadotropin atau hCG merupakan hormon peptida yang diproduksi tubuh saat masa hamil. Tepat setelah adanya pembuahan, plasenta memproduksi hCG untuk menjaga produksi progesterone.

Hormon progesterone merupakan hormon yang penting dalam masa kehamilan. Hormon hCG sering sekali digunakan untuk mengecek adanya kehamilan atau tidak.

Test hCG sebenarnya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui darah atau urin. Namun, tes menggunakan darah biasanya lebih memberikan hasil yang akurat dibandingkan tes urin.

Berikut penjelasan mengenai kadar tes hCG :

  • Normal
    Hal ini bisa menandakan mama positif hamil dan kandungannya sehat. 
  • Rendah
    Menandakan bahwa mama hamil, namun janin dalam kandungan tidak dalam kondisi sehat. Selain itu, hcg yang renda pada umumnya menandakan usia kandungan yang masih muda, kehamilan etopik, keguguran, atau kematian janin.
  • Tinggi
    Bisa saja menandakan kehamilan untuk bayi kembar. Namun, tak jarang juga kadar hCG yang tinggi menandakan adanya kehamilan molar atau down sindrome.

jika Anda mendapatkan hasil test hCG dalam kondisi abnormal, sebaiknya segera berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Usia hamil 34 minggu mungkin menyebabkan gejala seperti kelelahan, susah tidur, dan sesak napas

Apa Saja yang Terjadi Saat Hamil 34 Minggu?

Usia hamil 34 minggu adalah usia yang paling penting bagi ibu hamil dikarenakan pertumbuhan janin yang mungkin akan menyebabkan gejala menjelang persalinan.