Apa yang dimaksud dengan HIIT?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok apa betul HIIT cardio itu olahraga yang berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

HIIT adalah High Intensity Interval Training, yaitu melakukan olahraga dengan intensitas cukup berat dalam waktu yang singkat. Saat melakukan HIIT, seseorang biasanya melakukan gerakan selama 20-60 detik, kemudian beristirahat, dan kembali melakukan gerakan lagi. Contoh gerakan HIIT adalah sprint, burpee, dan jumping jack. HIIT biasanya dilakukan tidak lebih dari 30 menit.

Seperti olahraga-olahraga lainnya, HIIT memiliki manfaat dan juga bahaya. Manfaat HIIT di antaranya dapat membakar kalori lebih banyak pada waktu yang singkat, membantu pembakaran lemak dan pembentukan otot, serta menyehatkan jantung. Sedangkan contoh bahaya HIIT adalah mengganggu siklus tidur, membuat nafsu makan berlebih, dan turut serta dalam pembentukan hormon stres.

Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan HIIT, disarankan untuk melakukannya maksimal seminggu tiga kali dengan bimbingan orang yang lebih ahli. Anda dapat melakukan HIIT pada pagi atau sore hari, pada saat kondisi perut kosong atau beberapa jam setelah makan.

Jangan lupa, selain berolahraga, lakukan pola hidup sehat lainnya juga agar fungsi tubuh bisa optimal. Konsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan hindari stres sebisa mungkin ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bentuk pola hidup sehat adalah mengonsumsi makanan sehat

5 Pola Hidup Sehat yang Sederhana dan Bisa Dilakukan Siapa Saja

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang bertujuan menghindari penyakit kronis, seperti jantung koroner dan kanker paru-paru. Bentuk implementasi dari pola hidup sehat adalah mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga