Apa yang dimaksud dengan gangguan kelenjar tiroid?

LD Info Penanya: LD, Wanita, 36 Tahun
Selamat malam, mau tanya seputar teroid ? 1. Teroid itu apa2. Penyebab terorid apa3. Jika tidak operasi, bagaimana cara penyembuhannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi LD,

Kelenjar tiroid adalah kelenjar di tubuh dimana kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang diperlukan tubuh untuk mengatur metabolisma tubuh, mengatur energi, dan juga mempengaruhi kelenjar lainnya.

Gangguan pada kelenjar tiroid sendiri ada beragam dimana gangguan secara garis besar akan mengganggu produksi hormon tiroid menjadi berlebih yang disebut hipertiroid ataupun produksinya kurang atau disebut hipotiroid.

Penyebab kelenjar tiroid sendiri beragam mulai dari adanya penyakit autoimun, asupan iodium, pengobatan tertentu, terganggunya fungsi kelenjar hipofisis ataupun penyebab lainnya.

Pengobatan gangguan tiroid sendiri tergantung dari jenis penyakit yang dialami dan juga seberapa berat, jika bisa dikendalikan dengan obat ataupun dengan radioterapi maka tidak diperlukan operasi. Tetapi jika produksi berlebih dan pengobatan tidak berhasil maka perlu dilakukan operasi pengangkatan. Jika terjadi hipotiroid atau setelah operasi maka perlu mengonsumsi hormon tiroid seumur hidup. Untuk itu periksakan kembali kondisi Anda pada dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan kondisinya dan mendapatkan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi yodium adalah mengubah hormon stimulasi tiroid menjadi triiodotironin dan tiroksin

Fungsi Yodium dan Bahayanya Jika Tubuh Kekurangan Zat Ini

Yodium adalah mineral yang menjadi nutrisi penting untuk tubuh. Bahkan, seseorang bisa mengalami gondok bila kekurangan yodium. Namun apa fungsi yodium yang sesungguhnya?