Apa yang dimaksud dengan batu dan infeksi saluran kemih ?

MR Info Penanya: MR, Pria, 19 Tahun
Bbrpa waktu lalu sy skit pinggang , kiri dan kdang pndah k sbelah knan . Sdh trjadi yg k tiga kalinya . Dn skrng buang air kcil agk skit . Sudah bbrapa hari ni . Malah skrng buang air kcil seperti trhambat dn ada yg menghalangi . Juga sakit dok . Apa ini skit kcing akibat adanya batu ginjal ? Atau sakit kncing batu ? Makasiih sebelumnya .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MR.

Dari keluhan anda, ada kemungkinan terkena batu saluran kencing ataupun infeksi saluran kencing. Batu Saluran Kemih (BSK) adalah penyakit dimana didapatkan masa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih baik saluran kemih atas (ginjal dan ureter) dan saluran kemih bawah (kandung kemih dan uretra), yang dapat menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih dan infeksi. 

Batu yang berada di saluran kemih atas (ginjal dan ureter) menimbulkan kolik dan jika batu berada di saluran kemih bagian bawah (kandung kemih dan uretra) dapat menghambat buang air kecil. Batu yang menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis dapat menyebabkan nyeri punggung atau kolik renalis (nyeri kolik yang hebat di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang yang menjalar ke perut juga daerah kemaluan dan paha sebelah dalam). Hal ini disebabkan karena adanya respon ureter terhadap batu tersebut, dimana ureter akan berkontraksi yang dapat menimbulkan rasa nyeri kram yang hebat.

Sementara infeksi saluran kemih (ISK) adalah suatu keadaan dimana kuman atau mikroba tumbuh dan berkembang biak dalam saluran kemih dalam jumlah bermakna.
Infeksi saluran kemih diklasifikasikan berdasarkan anatomi, yaitu:
- Infeksi saluran kemih bawah : pada wanita berupa sistitis, uretritis
- Infeksi saluran kemih atas : pielonefritis akut dan kronik

Infeksi saluran kemih sebagian besar disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur tetapi bakteri yang sering menjadi penyebabnya. Infeksi saluran kemih dapat diketahui dengan beberapa gejala seperti demam, susah buang air kecil, nyeri setelah buang air besar (disuria terminal), sering buang air kecil, kadang-kadang merasa panas ketika berkemih, nyeri pinggang dan nyeri suprapubik.

Untuk menegakan diagnosis dan penyebab dari keluhan anda , perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti anamnesa (tanya jawab), pemeriksaan fisik (tanda vital, pemeriksaan abdomen, nyeri ketok CVA) pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap, urinalisis, ureum dan kreatinin, kadar gula darah, urinalisasi rutin, kultur urin, dan dip-stick urine test ataupun BNO/BNO-IVP sesuai indikasi. Sebaiknya anda ke dokter spesialis urologi agar mendapat penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.