Apa yang dimaksud dengan angiografi koroner?

LH Info Penanya: LH, Pria, 31 Tahun
Selamat pagi dok, apa itu angiografi koroner?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LHK

Angiografi koroner adalah tindakan pemeriksaan dalam bidang jantung yaitu gambaran dari pembuluh darah jantung. Anda akan dimasukkan kateter (infus) melalui pembuluh darah di lipat paha atau pergelangan tangan Anda. Kemudian selang kateter dimasukkan hingga mencapai pembuluh darah jantung Anda. Setelah itu dokter akan memberikan kontras (zat pewarna) agar pembuluh darah jantung Anda bisa terlihat dalam xray.

Tindakan dilakukan dalam keadaan sadar dan hanya menggunakan bius lokal. Sehingga pada saat tindakan bila tampak ada penyempitan pembuluh darah jantung, Dokter Spesialis Jantung akan memberi informasi kepada Anda, dan menawarkan untuk dilakukan pemasangan ring/cincin/stent pada jantung.

Lama tindakan angiografi koroner biasanya tidak sampai setengah jam tergantung keahlian dokter. Bila dilanjutkan pemasangan stent, tergantung dari jumlah stent yang dipasang, lokasi sumbatan dan keahlian dari dokter yang melakukan intervensi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

LH
15 Oct 2019, 10:26
Dok, saya kena aritmia sejak 2008. Umur saya sekarang sudah 31thn. Kemarin saya sudah di Echo jantung dan kesimpulan nya adalah (LV dilated ,LVEF 55%), bisa tolong di bacakan arti kesimpulan nya dok? Terima kasih banyak
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Titik refleksi tangan tidak hanya terletak di telapak tangan tapi juga terdapat di bagian pergelangan tangan dan tangan bagian atas

Titik Refleksi Tangan untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Titik refleksi tangan sudah diterapkan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Pengobatan tradisional ini dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi sembelit, sakit kepala, sampai untuk meringankan masalah pencernaan.