Apa yang dilakukan saat cedera otot bahu?

ET Info Penanya: ET, Pria, 19 Tahun
Dok saya ingin bertanya kalau dada,leher dan bahu kiri sakit tiba2 ditambah sakit ketika bernafas itu knpa ya dok? Hari sebelumnya saya sempat gendong anak di pundak.apa itu berpengaruh juga dok?Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, ET.

Bahu memiliki jangkauan yang luas dan serbaguna. Jika sesuatu terjadi pada bahu anda, maka dapat menghambat aktivitas dan dapat berdampak pada otot-otot sekitarnya, seperti otot dada, otot leher, otot lengan. Cedera otot bahu dapat terjadi pada siapa saja, beberapa penyebabnya yaitu:

  • Pemakaian berlebihan

Melakukan pekerjaan berat seperti membawa beban berat, berolahraga, mencangkul, dan lain-lain dapat membuat bahu terasa sakit. Cedera pada bahu dapat disebut tendinitis. Jika memburuk, dapat mengakibatkan pembengkakan dan peradangan yang sangat menyakitkan.

  • Terkilir atau keseleo

Kondisi terkilir terkait dengan adanya robekan di ligamen atau otot sekitar bahu. Penyebab bahu keseleo paling umum adalah adanya hantaman langsung seperti pada saat jatuh atau kecelakaan.

  • Dislokasi

Dislokasi terjadi ketika tulang terlepas keluar dari tempat sendinya. Kondisi ini membutuhkan penanganan medis darurat.

  • Frozen shoulder

Kondisi ini biasanya datang perlahan-lahan dikarenakan penebalan, pembengkakan dari jaringan yang mengelilingi sendi. Hal ini menyebabkan sulit untuk melakukan aktivitas harian.

  • Osteoartritis

Atau yang biasa disebut pengapuran sendi, biasanya terjadi pada usia pertengahan sampai usia lanjut.

Perlu diketahui bahwa salah posisi menggendong juga dapat menjadi penyebab dari nyeri yang Anda rasakan. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gejala, adalah RICE, yaitu:

  1. (R)est / Istirahat : hindari aktivitas berlebihan selama tiga hari setelah cedera.
  2. (I)ce / Kompres es: kompres es pada bagian yang nyeri selama 20 menit selama tiga sampai enam kali sehari. Es batu sebaiknya dilapisi oleh handuk.
  3. (C)ompression / Tekanan: tekan secara lembut pada daerah yang sakit untuk mengurangi pembengkakan. Membebat bahu dengan perban dapat membantu mengurangi rasa nyeri.
  4. (E)levation / diangkat: Jaga agar area cedera lebih tinggi dari jantung. Untuk kasus pada bahu, Anda dapat menyangga bahu dengan bantal empuk.

Jika diperlukan, pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen dapat Anda konsumsi sesuai dosis petunjuk. Jika cedera disertai pembengkakan serius, demam, dan tak kunjung membaik dalam beberapa minggu, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Tulang (Ortopedi). Perlu diketahui bahwa pemijatan yang keras dapat memperburuk keadaan.

Semoga lekas membaik.

Salam Sehat.

 

Dr. Riani AZ

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melalukan olahraga, seperti tenis, masih dapat dilakukan oleh tubuh karena adanya mekanisme kontraksi otot

Pentingnya Mekanisme Kontraksi Otot dalam Tubuh Manusia

Mekanisme kontraksi otot berperan penting dalam membuat Anda bisa melakukan berbagai aktivitas. Dengan adanya mekanisme kerja otot berkontribusi mulai dari membuat Anda mampu berlari sampai menyokong kinerja sistem pencernaan dan jantung.