Apa yang dilakukan saat bayi batuk?

KH Info Penanya: KH, Pria, 19 Tahun
Anak saya umur 9 bulan dokter dan sudah batuk selama 2 bulan,sudah saya bawa ke dokter spesialis anak tapi sampai sekarang belum menunjukkan hasilBagaimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, K.
Keluhan batuk adalah masalah yang sering kita jumpai pada bayi dan anak-anak. Penyebabnya bervariasi, mulai dari penyakit ringan, yang dapat sembuh sendiri sampai penyakit berat.

Berikut penyebab batuk untuk usia 2 bulan - 5 tahun seperti pneumonia, bronkiolitis, asma, penyakit jantung bawaan, efusi/empiema, tuberkulosis, pertusis, alergi, GERD.

Sehubungan dengan keluhan anda, berikut yang bisa anda lakukan : berikan kecap manis di campur air jeruk nipis (madu tidak dianjurkan untuk anak < satu tahun), tetap berikan asi, jauhkan dari asap rokok, hindari paparan debu, ciptakan lingkungan yang bersih. Jika belum membaik, anda bisa mengunjungi dokter spesialis anak yang berbeda untuk meminta second opinion (pendapat lain).

Semoga bermanfaat

Salam sehat,
dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Madu dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdarah

Cara Mengobati Batuk Berdarah Secara Alami, Apakah Ada?

Sebagian besar kasus batuk berdarah hanya bisa diatasi melalui penanganan medis. Namun, ada beberapa bahan alami yang dapat meredakan batuk, seperti madu, jahe, nanas, dan lainnya.