Apa yang dilakukan saat bayi batuk?

KH Info Penanya: KH, Pria, 19 Tahun
Anak saya umur 9 bulan dokter dan sudah batuk selama 2 bulan,sudah saya bawa ke dokter spesialis anak tapi sampai sekarang belum menunjukkan hasilBagaimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, K.
Keluhan batuk adalah masalah yang sering kita jumpai pada bayi dan anak-anak. Penyebabnya bervariasi, mulai dari penyakit ringan, yang dapat sembuh sendiri sampai penyakit berat.

Berikut penyebab batuk untuk usia 2 bulan - 5 tahun seperti pneumonia, bronkiolitis, asma, penyakit jantung bawaan, efusi/empiema, tuberkulosis, pertusis, alergi, GERD.

Sehubungan dengan keluhan anda, berikut yang bisa anda lakukan : berikan kecap manis di campur air jeruk nipis (madu tidak dianjurkan untuk anak < satu tahun), tetap berikan asi, jauhkan dari asap rokok, hindari paparan debu, ciptakan lingkungan yang bersih. Jika belum membaik, anda bisa mengunjungi dokter spesialis anak yang berbeda untuk meminta second opinion (pendapat lain).

Semoga bermanfaat

Salam sehat,
dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Daun salam segar maupun yang telah dikeringkan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan

Tak Hanya untuk Masakan, Ini Dia Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Manfaat daun salam tak hanya untuk menambah aroma masakan saja. Mulai dari mencegah kanker hingga mengatasi ketombe, manfaat daun salam sangat beragam.