Apa yang dilakukan jika gigi sudah berlubang?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 19 Tahun
dokter saya ingin bertanya, nama saya onny, usia saya 35tahun. gigi saya keropos/ berlubang semua dan ketika salah satu gigi saya sakit, maka rasanya sakit semua. apa yang harus saya lakukan. apakah harus saya tambal gigi...?apakah harus saya cabut semua gigi...?jika ditambal berapa perkiraan biaya nya? apakah tidak ada obat yang bisa memulihkan gigi yang keropos /berlubang..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, O.

Gigi berlubang atau karies adalah pembusukan gigi atau lubang yang terbentuk pada gigi Anda. Lubang ini disebabkan karena adanya bakteri yang membentuk plak kemudian mengerosi lapisan keras gigi sehingga menimbulkan lubang-lubang kecil pada gigi. Plak tersebut merupakan kombinasi dari bakteri, air liur, asam, dan partikel makanan atau minuman. Setiap orang memiliki bakteri di mulutnya. Oleh sebab itu, menyikat gigi secara teratur sangat penting untuk menghindari pembentukan gigi berlubang.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah gigi berlubang, antara lain:

  • Sikat dengan pasta gigi berfluoride minimal dua kali sehari.
  • Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan.
  • Mengonsumsi vitamin D untuk membantu menyerap kalsium dari makanan yang Anda makan.
  • Hindari makan makanan yang terlalu manis atau asam, seperti permen, jus, soda.
  • Rutin selama enam bulan sekali untuk periksa gigi ke Dokter Gigi

Pada umumnya jika gigi sudah berlubang, maka solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah konsultasi dengan Dokter Gigi Anda. Dokter Gigi anda akan memeriksa seberapa besar lubang tersebut dan memberikan pengobatan atau tindakan sesuai tingkat keparahan. Secara umum tidak ada obat yang dapat menyembuhkan gigi berlubang secara langsung. Namun, untuk meredakan nyeri karena gigi berlubang, Anda dapat mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen untuk sementara sebelum bertemu dengan Dokter Gigi Anda.

Terkait dengan pertanyaan Anda mengenai biaya perawatan gigi, masing-masing Dokter akan berbeda sesuai dengan tingkat keparahan dan perawatan. Anda dapat bertanya terlebih dahulu ke Dokter Gigi yang bersangkutan mengenai biaya dan perawatan apa yang akan Anda terima.

Semoga lekas membaik.

 

Salam Sehat.

AN*
06 May 2019, 10:54
terima kasih dokter ?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggertakan gigi geligi dapat berdampak buruk pada kesehatan

Hati-hati, Menggertakkan Gigi Saat Tidur Bisa Merusak Struktur Gigi Geligi!

Menggertakkan gigi geligi saat tidur atau bruxism dapat berdampak buruk pada area wajah. Untuk mencegah menggertakkan gigi geligi, Anda bisa menghindari alkohol dan merokok.