Apa yang di maksud dengan sinusitis ?

KM Info Penanya: KM, Pria, 19 Tahun
Apa pengertian dari Sinus?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, KM.

Sinus merupakan suatu rongga. Sinus paranasal adalah rongga di dalam tulang kepala yang terletak disekitar hidung dan mempunyai hubungan dengan rongga hidung melalui ostiumnya. Ada 4 pasang sinus yang terbesar yaitu sinus maksila, sinus frontalis dan sfenoid kanan dan kiri dan beberapa sel-sel kecil yang merupakan sinus etmoid anterior dan posterior.

Sinus paranasal adalah bagian dari traktus respiratorius/ saluran pernapasan yang berhubungan langsung dengan nasofaring. Sinus secara normal steril. Dengan adanya obstruksi, flora normal nasofaringeal dapat dapat menyebabkan infeksi pada sinus yang disebut sebagai sinusitis. Sinusitis adalah proses peradangan atau infeksi dari satu atau lebih pada membran mukosa sinus paranasal dan terjadi obstruksi dari mekanisme drainase normal.

Gejala sinusitis meliputi kongesti hidung/ hidung tersumbat, sakit tenggorokan (dari postnasal), nyeri  sekitar mata, pipi, dahi, sakit kepala, demam, penciuman berkurang, batuk, sakit gigi, susah bernafas, mudah lelah. 

Lebih lanjut tentang sinusitis, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab masuk angin bisa berupa infeksi virus, misalnya pada penyakit flu

Mengulik 5 Penyebab Masuk Angin, Anda Mengidap Salah Satunya?

Di Indonesia, masuk angin adalah istilah yang digunakan untuk gejala tidak enak badan. Kondisi ini perlu diperhatikan dengan baik agar tak berlanjut. Apa sajakah penyebab masuk angin?