Apa yang di maksud dengan radang usus besar?

RF Info Penanya: RF
Dok, sudah beberapa waktu ini perut saya sakit sekali. Apa ini termasuk gejala radang usus besar? Bagaimana cara mengobatinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RF,

Sakit perut adalah keluhan yang memiliki banyak kemungkinan penyebab, untuk itu gejala yang menyertai dan lokasi nyeri pada perut dapat membantu memberikan informasi agar dokter dapat memastikan apa penyebabnya. Penyebabnya sendiri bisa mulai dari maag sampai ke kanker usus.

Radang usus besar sendiri atau inflammatory bowel disease adalah adanya gangguan yang ditandai dengan peradangan di area usus besar. Jenisnya sendiri ada kolitis ulserativa dan penyakit crohn

Seringnya gejala dari peradangan usus besar adalah:

  • Peradangan yang bisa menimbulkan demam
  • Diare
  • Penurunan berat badan
  • Penurunan nafsu makan
  • Sering mengalami sakit perut tanpa sebab jelas
  • Kram perut

Penyebabnya pastinya sendiri belum diketahui, tetapi bisa terjadi karena faktor genetika, sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh yang tidak normal, stres dan juga asupan makanan serta diet.

Cara mengobati peradangan usus besar

Untuk mengatasinya perlu dilakukan diagnosa olah dokter penyakit dalam dan memberikan obat untuk meredakan peradangan, memberikan antibiotik jika ada infeksi dan juga obat untuk mengatasi gejala yang timbul seperti nyeri perut dan juga diarenya. 

Peradangan usus besar sendiri penting untuk di deteksi dini dan dilakukan penangana, karena peradangan usus besar sering kali menjadi faktor risiko terjadinya kanker usus besar. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Radang usus besar dapat berpotensi menjadi kanker kolorektal

Segera Tangani Radang Usus Besar Sebelum Menjadi Kanker Kolorektal!

Radang usus besar dapat meningkatkan risiko mengalami kanker kolorektal. Oleh karenanya, ketahui gejala radang usus besar dan lakukan pemeriksaan rutin.