Apa yang di maksud dengan paralumbal muscle spasme ?

RT Info Penanya: RT
Dokter saya ingin bertanya tentang hasil diagnosa parelumbal muscle spasm ap arti hasil diagnosa tersebut dok terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RT.

Spasme otot merupakan gangguan muskuloskeletal (otot dan tulang) yang dapat menimbulkan nyeri. Penyebab spasme otot sangat beragam, antara lain dapat disebabkan oleh perubahan pada tonus otot, postur tubuh, jaringan lunak sekitar otot, maupun aktifitas gerak sendi.

Spasme otot bisa terjadi di mana saja, salah satunya di otot paralumbal. Penyebab umum dari spasme otot paralumbal yaitu mengangkat beban berat dengan posisi yang salah serta kegiatan yang membuat otot-otot dan ligamen di punggung bawah bekerja secara berlebihan. Spasme otot paralumbal juga dapat mengakibatkan nyeri karena iskemia dari otot tersebut menekan pembuluh darah sehingga aliran darah akan melambat dan terjadi penurunan mobilitas/toleransi jaringan terhadap suatu regangan. Hal ini akan menimbulkan nyeri dan penurunan Luas Gerak Sendi (LGS) pada lumbal.

Penggunaan masase dapat digunakan dalam menangani permasalahan spasme otot paralumbal karena masase berfungsi untuk meningkatkan aliran pembuluh darah dan limfa serta berperan dalam memperbaiki jaringan yang kaku dan dapat mengurangi nyeri.

Namun anda dapat berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut agar mendapat penanganan yang tepat.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit punggung sebelah kiri yang terjadi berulang dan sangat parah pertanda gangguan di organ dalam

7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri yang Perlu Anda Waspadai

Ketika Anda merasakan sakit punggung pada bagian kiri, bisa menjadi salah satu pertanda ada gangguan di organ dalam. Penyebabnya pun bisa berbeda-beda. 7 penyebab sakit punggung sebelah kiri.