Apa yang di maksud dengan inkontinensia urin/tidak bisa menahan pipis ?

N Info Penanya: N, Pria, 27 Tahun
Assalamualaikum..Dok, saya mau tanya.. saya punya adik, berusia 26th. Sejak kecil dia mengalami masalah, tidak bisa menahan pipis. Seperti ada masalah pada kantung kemihnya. Saya hanya orang awam, namun saya ingin berkeininan kuat untuk membantu adik saya dalam menangani masalah serius ini. Mohon info nya ya dok jika ada solusinya dan jika diharuskan pemeriksaan ke rumah sakit mana ya?Terima kasihWassalamualaikum..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N.

Keluhan yang adik anda rasakan di sebut sebagai Inkontinensia urin, yakni keluarnya urin yang tidak dapat dikendalikan atau dikontrol. Kelainan Inkontinensia urin sendiri tidak mengancam jiwa penderita, tetapi berpengaruh pada kualitas hidup yang disebabkan oleh faktor gangguan psikologis dan faktor sosial yang sulit diatasi. Penderita merasa rendah diri karena selalu basah akibat urin yang keluar,pada saat batuk, bersin, mengangkat barang berat, bahkan kadang pada saat beristirahat.

Jenis – jenis Inkontinensia Urin dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu :
1. Inkontinensia urin akut ( Transient incontinence ) : Inkontinensia urin ini terjadi secara mendadak, terjadi kurang dari 6 bulan dan biasanya berkaitan dengan kondisi sakit akut dimana menghilang jika kondisi akut teratasi. Penyebabnya dikenal dengan akronim DIAPPERS yaitu : delirium/gangguan kesadaran, infeksi, psikologi dan obat-obatan, excessive urin production
(produksi urin yang berlebihan).
2. Inkontinensia urin kronik ( Persisten ) : Inkontinensia urin ini tidak berkaitan dengan kondisi akut dan berlangsung lama ( lebih dari 6 bulan ). Ada 2 penyebab kelainan mendasar yang melatar belakangi Inkontinensia urin kronik (persisten) yaitu : menurunnya kapasitas kandung kemih akibat hiperaktif dan karena kegagalan pengosongan kandung kemih akibat lemahnya kontraksi otot. Inkontinensia urin kronik ini dikelompokkan lagi menjadi beberapa tipe (stress, urge, overflow, mixed). Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing tipe Inkontinensia urin kronik atau persisten :

a) Inkontinensia urin tipe stress : Inkontinensia urin ini terjadi apabila urin secara tidak terkontrol keluar akibat peningkatan tekanan di dalam perut, melemahnya otot dasar panggul, operasi. Gejalanya
antara lain kencing sewaktu batuk, mengedan, tertawa, bersin, berlari, atau hal lain yang meningkatkan tekanan pada rongga perut. Pengobatan dapat dilakukan tanpa operasi (misalnya dengan Kegel exercises, dan beberapa jenis obat-obatan), maupun dengan operasi.

b) Inkontinensia urin tipe urge : timbul pada keadaan otot kandung kemih yang tidak stabil, yang mana otot ini bereaksi secara berlebihan. Inkontinensia urin ini ditandai dengan ketidak mampuan menunda berkemih setelah sensasi berkemih muncul. Manifestasinya dapat berupa perasaan ingin kencing yang mendadak ( urge ), kencing berulang kali ( frekuensi ) dan kencing di malam hari ( nokturia ).

c) Inkontinensia urin tipe overflow : pada keadaan ini urin mengalir keluar akibat isinya yang sudah terlalu banyak di dalam kandung kemih, umumnya akibat otot kandung kemih yang lemah. Biasanya hal ini dijumpai pada gangguan saraf akibat penyakit diabetes, cedera pada sumsum tulang
belakang, atau saluran kencing yang tersumbat. Gejalanya berupa rasa tidak puas setelah kencing ( merasa urin masih tersisa di dalam kandung kemih ), urin yang keluar sedikit dan pancarannya lemah. Inkontinensia tipe overflow ini paling banyak terjadi pada pria dan jarang terjadi pada wanita.

d) Inkontinensia tipe campuran (Mixed) : merupakan kombinasi dari setiap jenis inkontinensia urin di atas. Kombinasi yang paling umum adalah tipe campuran inkontinensia tipe stress dan tipe urgensi.

Sebaiknya periksakan adik anda ke dokter spesialis penyakit dalam, agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi kandung kemih adalah untuk menyimpan urine hasil penyaringan ginjal, sampai saatnya dikeluarkan

Mengenal Fungsi Kandung Kemih dan Cara-cara Menjaga Kesehatannya

Urine yang Anda keluarkan dengan nyaman, merupakan kerjasama berbagai organ di tubuh. Salah satu organ tersebut, yakni kandung kemih, yang terletak di panggul. Apa fungsi kandung kemih untuk tubuh? Dan apa cara yang bisa dilakukan, agar fungsi kandung kemih tetap optimal?