Apa yang di maksud dengan infeksi saluran kemih dan keputihan pada wanita ?

DP Info Penanya: DP, Pria, 19 Tahun
Saya Sering Buang Air Kecil Sedikit Sedikit Tapi Sakit Dan Keputihan Nya Luar Biasa Bnyak, Adakah Gejala Berbahaya Dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DP.

   Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan, kemungkinan anda mengalami infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih (ISK) adalah suatu keadaan dimana kuman atau mikroba tumbuh dan berkembang biak dalam saluran kemih dalam jumlah bermakna.

   Infeksi saluran kemih diklasifikasikan berdasarkan anatomi, yaitu:
- Infeksi saluran kemih bawah : pada perempuan berupa sistitis, uretritis
- Infeksi saluran kemih atas : pielonefritis akut dan kronik

   Infeksi saluran kemih sebagian besar disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur tetapi bakteri yang  sering menjadi penyebabnya. Penyebab ISK terbanyak adalah bakteri gram-negatif termasuk bakteri yang biasanya menghuni usus dan akan naik ke sistem saluran kemih antara lain adalah Escherichia coli, Proteus sp, Klebsiella, Enterobacter.

   Infeksi saluran kemih (ISK) dapat diketahui dengan beberapa gejala seperti demam, susah buang air kecil, nyeri setelah buang air besar (disuria terminal), sering buang air kecil, kadang-kadang merasa panas ketika berkemih, nyeri pinggang dan nyeri suprapubik.

   Namun, gejala-gejala klinis tersebut tidak selalu diketahui atau ditemukan pada penderita ISK. Untuk menegakan diagnosis dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap, urinalisis, ureum dan kreatinin, kadar gula darah, urinalisasi rutin, kultur urin, dan dip-stick urine test.

   Sementara keputihan merupakan gejala keluarnya cairan dari keluar dari liang vagina secara berlebihan dan tidak berupa darah. Keputihan di bedakan menjadi normal (fisiologis) dan abnormal (patologis). Keputihan normal biasanya terjadi menjelang dan sesudah haid, mendapatkan rangsangan seksual, stress berat, sedang hamil ataau mengalami kelelahan. cairan yang keluar berwarna jernih atau kekuningan, tidak berbau dan tidak terasa gatal, tidak perlu tindakan medis tertentu.

    Keputihan yang abnormal biasanya jumlah lebih banyak, warnanya putih seperti susu basi, kuning atau kehijauan, disertai dengan rasa gatal dan pedih, terkadang bau busuk dan amis. Keputihan menjadi salah satu tanda atau gejala adanya kelainan pada organ reproduksi wanita. Kelainan tersebut dapat berupa infeksi (bakteri, virus, jamur, dan parasit), polip leher rahim,tumor (jinak atau ganas). Namun tidak semua infeksi pada saluran reproduksi wanita memberikan gejala keputihan.

    Keluhan yang anda rasakan bisa saling berhubungan ataupun merupakan suatu kondisi medis yang terpisah. Mengingat penyebab dari ISK dan keputihan sangatlah banyak, untuk mengetahui penyebab dan diagnosis dari keluhan anda, Sebaiknya anda ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sehingga terapi yang diberikan sesuai dengan causanya.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan ternyata berguna untuk membersihkan sistem reproduksi wanita dari sel-sel mati dan bakteri

Keputihan Saat Hamil: Normal atau Tidak?

Keputihan normal terjadi pada masa kehamilan, namun Anda perlu tahu bahwa hal tersebut tidaklah selalu normal. Keputihan normal disebut sebagai leukorea, yang memiliki ciri tipis, bening, serta berbau ringan. Keputihan yang tidak normal, dapat disebabkan oleh infeksi jamur pada vagina.