Apa yang di maksud dengan gangguan psikosomatis ?

RU Info Penanya: RU, Pria, 19 Tahun
Dokter saya ingin bertanya saya wanita usia 22 tahun .kenapa ya saya suka terkejut dan nyeri serta sesak di bagian dada saya. Saya Susah tidur dan menangis berlebihan... Terimakasih Dok ???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RU.

Keluhan yang anda rasakan penyebabnya bisa karena adanya kondisi medis tertentu (gangguan pada paru-paru, jantung, pencernaan, otot dinding dada), gangguan psikosomatik ataupun gangguan kejiwaan lainnya seperti gangguan stress, depresi.

Psikosomatik adalah gangguan fisik yang disebabkan oleh tekanan-tekanan emosional dan psikologis atau gangguan fisik yang terjadi sebagai akibat dari kegiatan psikologis yang berlebihan dalam mereaksi gejala emosi. Ciri–ciri gangguan psikosomatik ditandai dengan adanya keluhan fisik yang beragam, antara lain : pegal – pegal, nyeri di bagian tubuh tertentu, mual, muntah, kembung dan perut tidak enak, sendawa, kulit gatal, kesemutan, mati rasa, sakit kepala, nyeri bagian dada, punggung dan tulang belakang.

Untuk memastikan diagnosis dari keluhan anda, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya anda ke dokter agar bisa diketahui penyebab dari keluhan anda.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk kering terus-menerus harus cepat ditangani karena bisa menjadi tanda bahwa ada penyakit serius

Hati-hati! Batuk Kering Terus-Menerus Tanda Penyakit Serius

Batuk kering terus menerus tidak boleh diremehkan karena bisa jadi ada masalah kesehatan yang serius, seperti kanker paru-paru, GERD, hingga infeksi saluran pernapasan atas.