Apa yang di maksud dengan anemia/kadar hemoglobin rendah ?

AA Info Penanya: AA
bagaimana sebaiknya jika nilai hb 5. tetapi secara fisik tidak ada keluhan apa-apa.dan ciri-ciri seperti apa yang bisa terlihat saat nilai hb 5.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AA.

Anemia adalah keadaan berkurangnya jumlah eritrosit atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dari nilai normal dalam darah sehingga tidak dapat memenuhi fungsinya untuk membawa oksigen dalam jumlah yang cukup ke jaringan perifer sehingga pengiriman oksigen ke jaringan menurun.

Menurut WHO, nilai normal Hb antara lain :

  • Wanita dewasa <12
  • Laki-laki dewasa <13
  • Ibu hamil <11

Penyebab anemia, antara lain :
1) Gangguan pembentukan eritrosit/sel darah merah; gangguan pembentukan eritrosit terjadi apabila terdapat defisiensi substansi tertentu seperti mineral (besi, tembaga), vitamin (B12, asam folat), asam amino, serta gangguan pada sumsum tulang.
2) Perdarahan; perdarahan baik akut maupun kronis mengakibatkan penurunan total sel darah merah dalam sirkulasi.
3) Hemolisis; hemolisis adalah proses penghancuran eritrosit

Gejala umum anemia disebut juga sebagai sindroma anemia yang dijumpai bila kadar hemoglobin turun di bawah 7-8 g/dl, badan lemah, lesu, cepat lelah, mata berkunang-kunang serta telinga mendenging. Pada pemeriksaan fisik dijumpai pasien yang pucat, terutama pada konjungtiva dan jaringan di bawah kuku.

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam secara langsung untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab), pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

Selengkapnya mengenai anemia, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala anemia ada beragam, seperti lemas, sesak napas, hilang nafsu makan, hingga kulit menjadi pucat

Tidak Hanya Lemas, Gejala Anemia Lain Juga Perlu Anda Kenali

Gejala kurang darah atau anemia yang selama ini diketahui, umumnya hanya badan terasa lemas. Padahal, gejala anemia tidak hanya itu. Gejala anemia juga bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis anemia yang diderita.