Apa Yang Dapat Memicu Terjadinya Kehamilan Pada Seseorang?

BA Info Penanya: BA
Assalamualaikum dok, apabila seorang pria menggesekkan jarinya ke maaf " vagina " pasangannya, apakah bisa menyebabkan hamil dok? trimswassalamualaikum
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi BA,

Kehamilan dapat didefinisikan sebagai pembuahan atau penyatuan sel sperma dengan sel telur (ovum) yang dilanjutkan dengan proses penempelan hasil pembuahan tersebut ke dinding rahim untuk kemudian tumbuh dan berkembang. Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui ada 4 aspek yang berperan penting untuk terjadinya kehamilan, yaitu adanya sel sperma, sel telur, pembuahan, dan penempelan hasil pembuahan ke dinding rahim. Jika salah satu saja dari keempat faktor tersebut tidak terpenuhi maka kehamilan tidak akan terjadi.

Menggesekkan jari ke vagina tidak akan membuat sel sperma dan sel telur bertemu. Perlu dilakukan penetrasi ataupun proses pembuahan in vitro (bayi tabung) supaya proses tersebut terpenuhi.

Anda dapat konsultasi ke dokter spesialis kandungan jika mungkin berencana untuk memulai program kehamilan untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk perencanaan kehamilan.

Berikut ini saya sertakan artikel Langkah Penting Untuk Mempersiapkan Kehamilan, Cara Mengetahui Masa Subur, dan Tips Tingkatkan Kesuburuan Untuk Kehamilan untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Indirasthi Dwi Astari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia atau keracunan kehamilan ditandai dengan peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba

Preeklampsia, Komplikasi Serius yang Terjadi pada Proses Kehamilan

Preeklampsia adalah merupakan masalah serius yang terjadi pada kehamilan. Penyebab dan faktor risiko preeklampsia adalah usia di atas 35 tahun, hamil pertama kalinya, dan memiliki riwayat gangguan ginjal. Salah satu gejala preeklampsia adalah pembengkakan abnormal di tangan dan wajah.