Apa Yang Dapat Memicu Terjadinya Kehamilan Pada Seseorang?

BA Info Penanya: BA
Assalamualaikum dok, apabila seorang pria menggesekkan jarinya ke maaf " vagina " pasangannya, apakah bisa menyebabkan hamil dok? trimswassalamualaikum
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi BA,

Kehamilan dapat didefinisikan sebagai pembuahan atau penyatuan sel sperma dengan sel telur (ovum) yang dilanjutkan dengan proses penempelan hasil pembuahan tersebut ke dinding rahim untuk kemudian tumbuh dan berkembang. Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui ada 4 aspek yang berperan penting untuk terjadinya kehamilan, yaitu adanya sel sperma, sel telur, pembuahan, dan penempelan hasil pembuahan ke dinding rahim. Jika salah satu saja dari keempat faktor tersebut tidak terpenuhi maka kehamilan tidak akan terjadi.

Menggesekkan jari ke vagina tidak akan membuat sel sperma dan sel telur bertemu. Perlu dilakukan penetrasi ataupun proses pembuahan in vitro (bayi tabung) supaya proses tersebut terpenuhi.

Anda dapat konsultasi ke dokter spesialis kandungan jika mungkin berencana untuk memulai program kehamilan untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk perencanaan kehamilan.

Berikut ini saya sertakan artikel Langkah Penting Untuk Mempersiapkan Kehamilan, Cara Mengetahui Masa Subur, dan Tips Tingkatkan Kesuburuan Untuk Kehamilan untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Indirasthi Dwi Astari

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stunting dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada ibu hamil dan anak

Pencegahan Stunting Penting Dilakukan, Ini Caranya

Stunting atau masalah gizi pada anak sangat penting untuk dicegah. Hal itu disebabkan stunting memengaruhi tumbuh kembang anak. Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan dan pemberian asupan nutrisi yang cukup pada anak. Oleh karena itu, stunting dan upaya pencegahannya sangat penting untuk diketahui oleh para wanita yang berencana atau sudah memiliki anak.