Apa yang bisa menimbulkan nyeri dada ?

AB Info Penanya: AB, Pria, 19 Tahun
Dokter saya mau tanya kenapa dua jam setelah sahur dada saya terasa sakit dan menimbulkan muntah.tapi setelah 4-6 jam kemudian sakit sudah mulai hilang.menurut dokter itu gejala sakit apa pada saya.terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AB.

Nyeri yang anda rasakan bisa diakibatkan gangguan pada saluran pencernaan. Biasanya disebabkan karena naiknya asam lambung ataupun gangguan usus besar. Pemicu asam lambung naik dapat berupa pola makan yang tidak teratur, makanan pemicu (asam, pedas, soda, alkohol), pola tidur, dan kondisi emosional. Beberapa penyakit yang menimbulkan kondisi tersebut, yaitu:

  1. Dispepsia. Merupakan rasa tidak enak di bagian perut dikarenakan naiknya asam lambung. 
  2. Tukak lambung. Merupakan penyakit karena adanya luka pada lapisan lambung.
  3. Gastritis. Peradangan pada lambung yang biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri.
  4. GERD (Gastroesofageal Refluks Disease) merupakan penyakit akibat dari naiknya asam lambung ke dalam kerongkongan sehingga disertai gejala nyeri dada seperti terbakar.
  5. Tukak duodenum

Namun tidak menyingkirkan penyebab lain seperti gangguan pada jantung.

Untuk memastikan diagnosis dari keluhan anda, sebaiknya anda ke dokter karena diperlukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi agar penanganannya tepat.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma

Menelisik Hubungan Sakit Maag dengan Asma

Beberapa teori menunjukkan bahwa maag dan asma (GERD) memiliki hubungan. Salah satu teorinya menyebutkan naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma.