Apa wajar telad haid hampir 2 bulan?

TP Info Penanya: TP, Wanita
Dok, saya mau bertanya. Wajar tdk si bagi remaja telat datang bulan hingga hampir 2 bulan lamanya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore TP,

Terlambat haid hampir 2 bulan pada remaja bisa saja terjadi. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti misalnya gangguan hormonal, aktivitas yang berat seperti sekolah lalu les atau menjalankan ekstrakurikuler, perubahan berat badan yang naik turun dengan cepat, ataupun karena gangguan kesehatan lain seperti gangguan tiroid.

Jika nantinya sampai 90 hari tidak juga haid perlu diceritakan pada orang tua agar diantar untuk memeriksakan diri pada dokter spesialis kebidanan agar memastikan apa yang menjadi pemicu keterlembatan haid tersebut. Nantinya akan dilakukan serangkaian pemeriksaan seperti lab darah, pemeriksaan USG ataupun pemeriksaan lainnya. Pengobatan juga bisa dilakukan untuk membuat kembali haid salah satunya dengan pemberian obat hormonal ataupun konseling untuk melakukan perubahan gaya hidup.

Cukupi kebutuhan istirahat, perbanyak mengonsumsi makan bernutrisi, dan juga perhatikan kondisi kesehatan secara umum yang bisa berpengaruh pada kesehatan reproduksi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.