01 Aug 2021, 15:53Infeksi

Apa vitamin untuk covid isolasi mandiri?

P
Info Penanya: P0
Dokter, apa saya vitamin untuk pasien covid yang sedang menjalankan isolasi mandiri di rumah?
206 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam PSaat mengalami infeksi Covid19 berbagai gejala bisa dirasakan yang bisa berbeda-beda tergantung masing-masing kondisi tubuh setiap orang. Ada yang tidak bergejala atau OTG, gejala ringan, sedang hingga berat dan kritis.Pada orang bergejala sedang hingga berat perlu mendapatkan perawatan khusus medis di rumah sakit. Sedangkan yang tidak bergejala dan bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Vitamin untuk covid isolasi mandiri

Saat isoman dibutuhkan pengobatan yang disesuaikan dengan gejala yang dirasakan seperti obat penurun panas, batuk pilek dan ditambah dengan berbagai suplemen dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Suplemen dan vitamin yang utama diperlukan saat isoman adalah:
  • Vitamin C 500-1000 mg perhari
  • Vitamin E 400-800 iu perhari
  • Vitamin D3 1000-5000 iu perhari
  • Zinc 20-50 mg perhari
  • Probiotik

Anjuran Saat Isoman Covid

Selain dengan suplemen di atas juga diperlukan berbagai langkah hidup sehat untuk menunjang pemulihan serta menjaga daya tahan tubuh. Makan makanan tinggi protein, buah dan sayur, minum air putih hangat, istirahat cukup tidak bergadang, berjemur sinar matahari setiap hari sembari berolahraga ringan serta berusaha menghindari stres atau pikiran negatif. Fokuskan diri pada penyembuhan dan melaksanakan protokol kesehatan sebagaimana mestinya.Menjaga jarak dengan orang serumah, tidak berada di ruangan yang sama dalam waktu lama, selalu menggunakan masker dan dibuang ke tempat sampah tersendiri serta mencuci tangan. Hal-hal ini dilakukan untuk upaya mencegah penularan terhadap anggota keluarga lainnya. Bila anda memiliki komorbid, tetap konsumsi obat-obat rutin sesuai anjuran dokter.Apabila anda merasakan gejala covid yang memberat seperti mual muntah hebat, lemas dan sesak dengan saturasi oksigen di bawah 95% maka segera minta pertolongan medis terdekat untuk mendapatkan perawatan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
vitamininfeksi virusvirus rna kecilcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil