Mengapa bekas luka berwarna kehitaman?

S Info Penanya: S
halo, dok. saya mau tanya, sepertinya saya digigit antara kutu kasur atau kutu kucing berhubung banyak kucing buangan datang ke rumah saya. nah masalahnya setiap digigit, akan terasa gatal membengkak seperti dermatographia, namun setelahnya itu kulit tetap rata mulus, tapi bekasnya ada lingkaran hitam. sudah 6 tahun lamanya bekas lukanya belum juga hilang, dulu sudah pernah menggunakan d*rm*t*x dan b** **l tapi tidak berefek. ini kondisinya apa dan bagaimana upaya untuk memudarkannya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Bekas hitam di kulit yang timbul setelah luka dalam istilah medis disebut dengan Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi (HPI). Kondisi ini dapat timbul setelah mengalami penyakit kulit seperti infeksi jamur, alergi, dematographita, jerawat, gigitan serangga dan lain lain.

Proses penyembuhan luka pada setiap orang berbeda-beda tegantung dari kondisi fisik, asupan makanan serta kebersihan lingkungan sekitar.

Tindakan yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghilangkan HPI  tersebut adalah:

  • Mengonsumsi makanan bergizi
  • Perbanyak sayur dan buah-buahan 
  • Cukupi kebutuhan cairan harian
  • Konsumsi makanan berprotein
  • Oleskan lidah buaya
  • Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan teh hijau dan juga susu
  • Lakukan olahraga rutin agar badan tetap bugar

Jika keluhan dirasa menggangu, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksan lebih lanjut agar mendapatkan penanganan yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari Infeksi dengan Perawatan Luka Terbuka yang Benar

Anda pasti pernah mengalami luka terbuka, entah itu karena tergores ataupun teriris benda tajam. Luka terbuka adalah sebutan untuk luka yang membuat bagian dalam tubuh terlihat. Luka terbuka rentan infeksi. Perawatan luka terbuka yang benar mulai dari membersihkan tangan, menghentikan perdarahan, menutupi luka, mengoleskan antibiotik, hingga menutupnya. Kenali berbagai caranya di sini.