Apa umur 22 tahun masih bisa tambah tinggi?

S Info Penanya: S
Dok umur 22thn apa masi bisa tinggiSoalnya bangun tidur nambah sekitar 1cm
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi S,

Tinggi badan merupakan salah satu faktor yang menunjukan proses tumbuh kembang seseorang apakah berjalan dengan baik atau tidak. Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik (mencapai 60-80%), asupan makanan, dan pola hidup seperti tidur teratur, serta olahraga teratur. Tumbuh kembang ini akan berlangsung dan mencapai puncaknya ketika masa pubertas dimana lempeng pertumbuhan tulang belum menutup. Disaat usia mencapai 18 tahun ke atas maka lempeng pertumbungan tulang akan menutup dan tidak bisa berkembang lagi.

Namun dengan olahraga seperti yoga dimana dapat memperbaiki postur tubuh maka tinggi badan bisa bertambah karena postur tubuh yang bungkuk akan menjadi lebih tegak. Selain itu berat badan yang ideal juga mempengaruhi penampilan seseorang dimana akan terlihat lebih ramping dan lebih tinggi. Selain olahraga, juga perlu makan makanan dengan nutrisi yang baik (kandungan kalsium, vitamin D dan protein) untuk mencegah pengeroposan tulang di usia tua.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri pubertas laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan dari perubahan fisik, biologis, psikososial, dan emosional

Berbeda, Apa Saja Ciri-ciri Pubertas pada Laki-laki dan Perempuan?

Masa pubertas adalah masa di mana tubuh mengalami banyak sekali perubahan. Pubertas tidak hanya melibatkan serangkaian perubahan-perubahan fisik atau biologis, namun proses ini juga memiliki dampak pada psikososial dan perkembangan emosional dari remaja.