apa terapi untuk mata minus dengan silinder ?

AC Info Penanya: AC, Wanita, 24 Tahun
obat alami untuk mata minus silindris
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AC,

Secara normal Mata kita mempunyai sistem penglihatan diantaranya ada lensa mata yang mengatur bayangan benda yang kita lihat agar jatuh tepat di retina. Pada keadaan Mata minus / rabun jauh dalam istilah medis dikenal dengan miopi adalah keadaan dimana mata dalam hal ini lensa tidak mampu membiaskan cahaya tepat jatuh di retina karena bayangan tersebut jatuh di depan retina.

Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan lensa  atau istilah medis dikenal dengan daya akomodasi lensa tersebut berkurang  sehingga menyebabkan lensa tidak berfungsi optimal dalam mebiaskan cahaya. dalam keadaan mata silinder atau dikenal dengan astigmatisme, yakni gangguan pada mata yang disebabkan kelainan kelengkungan lensa sehimgga menyebabkan bayangan jatuh secara acak/random di retina.

Kelainan mata rabun jauh (miopi) maupun mata silinder (astigmatisme) bisa terjadi secara bersamaan yang bisa disebabkan cedera pada mata, penyakit keturunan ( ada riwayat keluarga juga mengalami hal yang sama) atau bisa juga akibat operasi mata.

Untuk pengobatan terhadap terhadap kelainan tersebut dikenal dengan metode operasi yakni LASIK (metode bedah dengan laser yg bertujuan membuang jaringan yang kurang baik di kornea ataupun  lensa yang diharapkan nantinya tumbuhnya jaringan baru agar pembiasan cahaya ke retina jadi lebih baik, kemudian ada LASEK (metode ini gabungan antara operasi mata general dan laser agar proses pembiasan cahaya terjadi dengan lebih baik lagi.

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata yakni :

  1. Makan makanan yang bergizi, selain wortel yang kaya vitamin A, anda bisa mengonsumsi telurdan susu. selain itu beberapa ikan seperti salmon, makarel dan tuna (biasa didapatkan di sarden) terbukti secara klinis mempunyai kandungan omega 3 membantu menjaga kesehatan mata.
  2. Pakailah kaca mata UV protector atau anti radiasi secara berkala terutama saat berada di depan gadget (hp,tv,laptop dll) hal ini agar mata tidak terlalu kena dampak radiasi cahaya yang mengakibatkan kelainan pada struktur dan fungsi normal mata
  3. Biasakanlah membaca dalam keadaan terang, membaca dalam keadaan gelap akan bisa mempengaruhi kesehatan mata.

Biasakanlah memberikan break (istirahat) pada mata saat kita bekerja di depan layar gadget secara berlebihan, misal 20 menit menghadap layar kemudian 2 menit berikutnya melihat jauh dan seterusnya. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kekakuan pada lensa mata. segeralah ke dokter spesialis mata untuk konsultasi terkait kelainan pada mata anda agar mendapat penanganan yang lebih optimal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa penyebab mata berair, seperti mata kering hingga peradangan pada kelopak mata

Ragam Penyebab Mata Berair yang Patut Diwaspadai

Anda mungkin kerap mengalami mata berair. Beberapa kondisi mata berair memang tidak perlu dicemaskan. Hanya saja, apabila diiringi dengan gejala lain, mata berair wajib diwaspadai dan memerlukan penanganan dokter. Ada beberapa kondisi mata, yang menjadi penyebab mata berair, seperti mata kering, hingga peradangan pada kelopak mata.