Apa suplemen untuk mencegah corona?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Halo dokter! Karena kehabisan masker, saya memilih mengonsumsi suplemen utk cegah corona. Apakah cara ini benar?Sebenernya vitamin apa sih yang kita butuhkan sekarang dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Suplemen adalah produk buatan yang berupa tablet, kapsul, bubuk, ataupun cair; yang difungsikan untuk kesehatan. Kandungan suplemen adalah vitamin, mineral, herbal, asam amino, enzim, ataupun campuran dari beberapa hal tersebut.

Asupan zat gizi yang terdapat pada suplemen selain herbal sebenarnya dapat kita penuhi melalui makanan. Tetapi, memenuhi zat gizi dari makanan biasanya cukup sulit. Oleh karena itu, suplementasi juga dibutuhkan.

Untuk mencegah COVID-19 (penyakit yang disebabkan oleh virus corona), kekebalan tubuh perlu ditingkatkan. Kebanyakan orang yang mengalami komplikasi serius setelah terserang COVID-19 adalah mereka yang sudah menderita penyakit penyerta, seperti bronkhitis, diabetes melitus, ataupun obesitas. Penyakit penyerta itu melemahkan kekebalan tubuh mereka. Namun, bagi orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh kuat, gejala COVID-19 tidak membuat mengalami komplikasi sampai kematian.

Suplementasi yang Anda butuhkan untuk meningkatkan sistem imun adalah:

  • Vitamin C, sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas
  • Vitamin D, melalui mekanisme tertentu mampu meningkatkan beberapa jenis sel imun untuk memerangi bakteri
  • Omega-3, menguatkan fungsi sel-sel imun yang sudah ada
  • Zinc, sebagai mineral yang penting bagi kekebalan tubuh

Tetapi, perlu diingat, suplemen adalah pelengkap ya, bukan pengganti zat gizi. Anda tetap harus mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup untuk memaksimalkan sistem kekebalan tubuh.

Terima kasih telah bertanya di SehatQ, semoga yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kolin adalah nutrisi yang vital untuk tubuh, dan bisa didapatkan dari telur

Berkenalan dengan Kolin, Si Anak Baru yang Esensial untuk Tubuh

Kolin adalah nutrisi yang baru diperkenalkan, yakni tahun 1998. Walau terbilang sebagai “anak bawang”, fungsinya sama sekali tak sembarang. Apa fungsi kolin dan apa saja sumber makanannya?