Apa solusi untuk sakit gigi?

AS Info Penanya: AS, Pria
Dok..apa solusi sakit gigi yg berkepanjangan terus apa ada obat yg bisa menyembuhkanya secara total shg tidak kambuh kembali....terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Sakit gigi merupakan salah satu nyeri yang sering dialami seseorang dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit gigi sendiri seringkali disebabkan oleh gigi yang berlubang, trauma gigi yang menyebabkan gigi patah, abses gigi, tambalan gigi lepas, dll. Penanganan terhadap sakit gigi berbeda-beda tergantung dari apa penyebab sakit gigi tersebut. Bila sakit gigi disebabkan oleh gigi berlubang, maka dokter gigi akan melakukan penanganan berupa menambah atau melakukan perawatan terlebih dahulu bila lubang yang ditimbulkan sangat dalam. Gigi berlubang yang didiamkan dan tidak mendapat penanganan akan menyebabkan sakit gigi dan lubang semakin lebar dan dalam, ketika lubang ini semakin lebar dan dalam dapat menyebabkan gigi patah, dan bilang gigi berlubang hanya tinggal akar maka akan semakin sulit penanganannya dan mengharuskan gigi tersebut untuk dicabut. Bila akar gigi tersebut dibiarkan maka hanya akan menjadi sumber infeksi yang dapat kambuh sewaktu-waktu.

Berikut ini cara alami yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri gigi :
  1. Kumur menggunakan air hangat dengan campuran sedikit garam, kumur minimal 4 kali dalam 1 hari.
  2. Kompres menggunakan es batu.
  3. Letakkan bawang putih cincang ke atas gigi yang sakit selama beberapa menit.
  4. Letakkan kapas yang sudah diberi beberapa tetes minyak cengkeh ke atas gigi yang sakit.

Tips diatas adalah cara sederhana yang bisa dilakukan sebelum Anda sempat ke dokter gigi, namun sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapat penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gusi bengkak pada anak dapat disebabkan oleh abses gigi dan radang gusi pada gigi anak

Penyebab Gusi Bengkak pada Anak dan Cara Mengobatinya

Gusi bengkak pada anak adalah masalah kesehatan rongga mulut yang sering terjadi. Gusi bengkak biasanya disebabkan oleh abses gigi dan radang gusi. Gusi bengkak akibat abses gigi dapat diobati dengan meminum obat pereda nyeri, sedangkan radang gusi diobati dengan membersihkan karang gigi.