Apa solusi sakit pinggang setiap selesai kerja?

RA Info Penanya: RA, Pria, 63 Tahun
Pinggang terasa sakit setiap selesai kerja umur 43, solusinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA,

Keluhan sakit pinggang adalah salah satu keluhan yang sering timbul terutama apabila bekerja dengan posisi yang tidak baik dalam waktu lama. Penyebabnya bisa karena gangguan pada tulang belakang, otot pinggang, saraf skiatika, ataupun bisa karena gangguan pada organ lain seperti gangguan ginjal, saluran kemih ataupun lainnya.

Untuk mengatasinya yang paling utama adalah menjaga postur tubuh saat bekerja dan menggunakan peralatan yang ergonomis. Selain itu saat beristirahat seperti tidur pun tetap harus mengupayakan agar postur tubuh baik. Untuk mengurangi nyeri yang timbul bisa dilakukan kompres menggunakan kompres dingin atau hangat di area yang nyeri, hindari kebiasaan menaruh dompet di kantung belakang celana, lakukan peregangan ringan, relaksasi dengan mandi air hangat atau lakukan pijatan ringan, dan bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau menggunakan obat oles pereda nyeri.

Jika keluhan tidak membaik perlu diperiksakan secara langsung pada dokter atau dokter spesialis saraf agar dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen, ataupun pemindaian dengan MRI jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan sepelekan tulang belakang yang sakit karena bisa jadi gejala sklerosis ganda

Tulang Belakang Sakit, Salah Satu Gejala Multiple Sclerosis

Tulang belakang sakit adalah keluhan yang dianggap muncul karena kelelahan. Namun, tulang belakang sakit bisa jadi indikasi dari multiple sclerosis yang merupakan penyakit autoimun yang sulit untuk ditangani.