Apa self harm itu ?

AK Info Penanya: AK, Wanita, 16 Tahun
dok apakah melukai tangan dengan jarum atau gunting juga termasuk dalam self harm??? Dan bagaimana cara nya bisa keluar sari self harm...??? Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AK,

Self harm merupakan pengertian yang merujuk pada usaha melukai diri sendiri baik yang menimbulkan dampak ringan hanya berupa luka lecet hingga dampak fatal yang bisa mengakibatkan kematian.

Orang-orang dengan kecenderungan self harm biasanya memiliki masalah/ beban berat yang sedang dihadapi dan tubuh tidak memiliki mekanisme pertahanan tubuh yang baik. Pada orang normal ketika menghadapi masalah, maka tubuh memiliki mekanisme pertahanan tubuh untuk menghadapi masalah tersebut baik berupa mencari solusi pemecahannya atau usaha untuk melupakannya seiring dengan berjalannya waktu. Sedangkan pada orang-orang dengan depresi, atau ada gangguan jiwa yang lain seperti skizofren usaha pertahanan tubuh tersebut gagal, dan mengalami kesedihan secara berkelanjutan hingga ada pikiran hingga sudah melakukan usaha mencelakai diri sendiri dengan menggunakan benda-benda tajam yang ada di sekitarnya. Bila hal ini dibiarkan, maka dapat berakibat fatal.

Sebaiknya Anda berbagi masalah dengan keluarga atau orang lain yang dapat Anda percaya untuk meringankan masalah Anda, dan sebaiknya segera periksa ke psikiater. Karena semakin cepat diobati maka akan semakin baik respon dan proses penyembuhannya.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang tidak tahu bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.

Sebelum Anda Membantu Penderita Depresi, Pahami Gejalanya Terlebih Dahulu

Dengan banyaknya persepsi salah mengenai depresi di media sosial atau platform lainnya, menunjukkan bahwa banyak orang tidak tahu apa itu depresi dan bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.