Apa saya terkena gangguan fungsi ginjal?

A Info Penanya: A
Hai dok, saya baru-baru ini didiagnosis kalau fungsi ginjal saya hanya tinggal sekitar 30%. Padahal gejala gagal ginjal tidak pernah saya rasakan, dok. Saya tidak pernah merasa gatal-gatal, mual muntah, pembengkakan di kaki, sering ke kamar mandi, dan lain sebagainya. Apa yang harus saya lakukan ya, dok. Apakah memang benar saya terkena gagal ginjal? Sebenarnya apa yang harus saya hindari dan bagaimana caranya supaya fungsi ginjal saya tidak berkurang lagi, dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Ginjal adalah salah satu organ penting pada tubuh dimana ginjal berfungsi salah satunya untuk menyaring sisa metabolisme tubuh dan mengeluarkannya melalui urine. Fungsi ginjal yang menurun dapat menandakan adanya gangguan pada kesehatan ginjal. Gangguan ini sifatnya dapat akut atau timbul mendadak ataupun dapat bersifat kronis atau terus menerus berlangsung.

Jika mengalami penurunan fungsi ginjal hingga tersisa 30% maka perlu dilakukan evaluasi apa yang menjadi penyebabnya. Fungsi ginjal sendiri dinilai melalui tes fungsi ginjal dan dilakukan perhitungan terhadap laju filtrasi glomerulus (GFR) yang nantinya hasilnya disesuaikan dengan usia dimana jika terjadi penurunan menunjukan gangguan pada ginjal. Penyebabnya sendiri bisa karena cedera pada ginjal, paparan zat kimia yang sifatnya nefrotoksik atau merusak ginjal, penyakit tertentu seperti batu ginjal, malaria ataupun penyebab lain yang sifatnya menimbulkan kerusakan kronis seperti efek samping obat, kebiasaan mengonsumsi alkohol, tekanan darah yang tidak terkontrol, komplikasi diabetes dan lainnya.

 Untuk bisa memperbaiki dan mencegah kondisi ginjal tidak makin memburuk diantaranya perlu dilakukan:

  • Membatasi asupan garam
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari mengonsumsi alkohol, minuman berkafein, minuman berenergi
  • Jaga tekanan darah
  • Jaga berat badan ideal
  • Hindari mengonsumsi sembarangan obat dan suplemen
  • Hindari paparan kimia yang bisa merusak ginjal
  • Aktif bergerak dengan rutin berolahraga
  • Kelola penyakit penyerta yang ada seperti misalnya tekanan darah tinggi dan diabetes

Untuk itu konsultasikan pada dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai kondisi kesehatan ginjal Anda.

Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.