Apa mulai menopause?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 42 Tahun
Assalamualaikum dokter, saya berusia 43th. Sdh 5 bln ini saya tdk mengalami haid sama.sekali, apakah saya sdh memasuki masa menopouse. Sejak pulang umroh 2 tahun lalu. Saat umroh minum pil.KB Yasmin. Stlh itu haid srg terlambat. Dan sdh minum yasmin lg untuk menormalkan hormon. Teratur lg haidnya. Cm sdh 4 bln ini saya kok tidak haid lg? Sy slm.terapi phenitoin jg. Apa jg pengaruh? Bagaimana sebaiknya yg harus sya lakukan. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Menopause adalah masa di mana seorang wanita sudah tidak haid lagi, dan tentunya bila sudah tidak haid, maka sudah tidak bisa hamil kembali. Rata-rata menopause terjadi menjelang usia 45 tahun, namun bisa lebih awal tergantung masing-masing individu.

Ciri-ciri menjelang menopause.

Berikut ini ciri-ciri yang sering dialami bila seorang wanita akan mengalami menopause:

  • Siklus haid tidak menentu, bisa maju atau terlambat haid. Semakin lama Anda tidak haid, maka akan semakin menunjukkan Anda mendekati masa-masa menopause.
  • Darah yang keluar bisa sangat banyak dan bergumpal-gumpal.
  • Badan terasa panas, terutama telapak kaki.
  • Hilangnya gairah seksual.
  • Mudah berkeringat.
  • Emosi tidak stabil.
  • Pertambahan berat badan.

Obat anti kejang seperti fenitoin memang bisa mengganggu siklus haid menjadi tidak lancar hingga tidak haid. Sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda.

Sebelum konsultasi dengan dokter kandungan, lakukan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, banyak makan sayur dan buah, batasi makanan berlemak, hindari stres dan jangan bergadang.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menopause pada wanita umumnya menyebabkan banyak perubahan pada tubuh.

11 Hal Penting Soal Menopause bagi Wanita

Menopause rata-rata terjadi pada wanita berusia di atas 51 tahun. Apa saja hal penting yang harus diketahui wanita soal menopause?