Apa saya mengalami OCD?

AM Info Penanya: AM, Wanita, 18 Tahun
Dokter, saya ingin tahu apa ini OCD.saya merasa gelisah, cemas dan tidak nyaman, menghindari kontak mata dengan kotoran, misalnya kotoran kucing, cicak atau ayam. sering mendongak untuk memastikan tidak ada cicak atau burung diatas saya agar tidak kejatuhan kotoran, memastikan jalan yang saya injak adalah jalan yang paling bersih. panik pada orang flu, menghindar agar tidak tertular. Merasa berat membuang barang yang sudah tidak terpakai. sering mengumpulkan kresek, sedotan dan sendok bersih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AM,

Obsessive Compulsive Disorder atau biasa yang disebut dengan OCD merupakan suatu gangguan mental yang membuat penderitanya memiliki pikiran yang berulang, serta memiliki perilaku kompulsif. Penderitanya tidak berdaya untuk menghentikannya, karena akan diliputi ketakutan dan kecemasan.

Penyebab dari OCD belum di ketahui secara pasti, namun beberapa faktor dapat berisiko membuat seseorang menjadi OCD, diantaranya :

  • Faktor keturunan, dengan orang tua yang memiliki riwayat yang sama
  • Faktor lingkungan, mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan 

Gejala OCD yang paling sering terjadi :

  • Merasa tidak pernah bersih dalam cuci tangan sehingga akan dilakukan berulang kali
  • Selalu memeriksa berulang kali, contohnya : mengecek berulang kali kunci pintu rumah, mengecek / menyalakan lampu berkali-kali
  • Selalu merapikan dan mengatur barang yang anda jika di sentuh atau di rubah posisinya oleh orang lain
  • Berkeinginan untuk mengumpulkan barang-barang bekas yang anda kumpulkan

Pengobatan OCD bertujuan untuk mengatasi gejala yang muncul. Bisa berupa terapi perilaku atau pemberian obat (antidepresan). Saran saya Anda dapat melakukan konsultasi lebih lanjut terkait keluhan Anda tersebut ke psikiater untuk tindakan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Aisyah Nur Ramadhani

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agitasi adalah gangguan mental yang dapat muncul karena stres.

Agitasi adalah Gangguan Kejiwaaan yang Umum Terjadi, Ini Penyebabnya

Agitasi adalah kondisi kejiwaan yang dapat dialami siapapun. Pengidapnya dapat mengalami kemarahan dan kegelisahan tanpa sebab sama sekali. Apa saja pemicunya, dan bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut?