21 May 2021, 19:56Psikologi

Apa saya mengidap OCD?

JN
Info Penanya: JN, Wanita, 20 Tahun
Malam dok, Saya Jane umur 20 tahun jadi akhir akhir ini aku selalu kek ngelakuin suatu hal secara berulang ulang gitu, kek misal aku sangat bergantung banget sama notes kek apapun yang terlintas dipikiran aku harus aku tulis di notes tapi gak kaya orang biasa, aku nulis kata kata dinotes itu berulang ulang, bahkan kek aku sendiri aja bosen nulisnya cuma klo aku gak nulis gitu langsung muncul rasa cemas dan ketakutan (bakal lupa) terus menerus gitu. Apa bener ya aku mengidap OCD?
143 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, JNTerima kasih atas pertanyaannya.Obsessive-compulsive disorder (OCD) adalah salah satu gangguan mental yang menunjukkan seseorang memiliki pemikiran yang membuat melakukan tindakan yang berulang. 

Jenis-jenis tindakan yang termasuk OCD :

  • Perasaan takut dengan hal yang kotor sehingga sering membersihkan baik tangan, barang yang disentuh ataupun di tempat umum.
  • Barang harus terlihat simetris dan sesuai dengan urutannya.
  • Mengecek berulang contohnya apakah pintu sudah dikunci, kompor atau lambung sudah dimatikan, ataupun perasaan berulang bahwa sedang mengalami gangguan fisik dan mental.
Walaupun begitu tindakan ini juga sering terjadi pada setiap orang, perbedaannya pada orang yang memiliki OCD adalah tindakan ini dapat menganggu aktivitas sehari-hari dan menimbulkan pemikiran cemas dan stres bila tidak melakukannya. 

Penyebab terjadinya tindakan OCD :

  • Riwayat OCD di keluarga atau kerabat.
  • Memiliki kondisi depresi, cemas berlebihan.
  • Riwayat trauma masa kecil atau peristiwa tidak menyenangkan di masa lalu.
  • Cedera pada kepala yang menganggu bagian saraf otak.
Untuk memastikan apakah anda terdiagnosa OCD atau tidak tentu memerlukan pemeriksaan lanjutan.  Untuk itu konsultasi dengan psikiater terkait keluhan yang anda rasakan sehingga dapat diatasi dan membuat anda lebih nyaman dan tidak menganggu aktivitas anda sehari-hari. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
masalah kejiwaanpenyakit kejiwaangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil