Apa saya hanya stres biasa?

K Info Penanya: K, Wanita, 21 Tahun
Saya dulu Depresi Ringan (gak pernah mencoba bunuh diri tapi tiap hari kepikiran) udah ke Psikolog (kunjungan cuma 2x) dan 2 tahun ini udah biasa aja. Sampai dari bulan kemarin mulai drop lagi, emosi jungkir balik, gak fokus, tidur gak nyaman (bangun berkali-kali dan mimpi buruk), tapi komunikasi saya masih lancar walau emang banyak waktu pengen menyendiri. Memang kalau self harm gak pernah berhenti dan jarang. Saya juga nggak 'seek of attention'. Apa saya hanya stress biasa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi K,

Kondisi gangguan kesehatan mental adalah kondisi ketika adanya beban atau permasalahan yang mengganggu pikiran. Tidak jarang kondisi ini memicu permasalahan fisik ataupun mengganggu aktivitas sehari-hari.

Depresi sendiri adalah kondisi dimana kondisi perasaan sedih yang bisa menetap, merasa tidak berharga, merasa kehilangan minat untuk melakukan kegiatan, merasa kehilangan energi, mudah emosi, menarik diri dari pergaulan, gangguan tidur dan juga bisa membuat menyakiti diri sendiri bahkan sampai mencoba bunuh diri.

Jika sering kali melakukan tindakan menyakiti diri dan timbul gejala seperti yang disebutkan maka perlu mengatasi penyebabnya dan berbagi cerita pada orang terdekat atau orang yang dipercaya agar membantu mengatasinya, perlu juga mengalihkan pikiran tersebut dengan kegiatan yang menyenangkan, rutinitas baru dan juga menjalankan hobi yang disenangi.

Selain itu ada baiknya juga untuk berkonsultasi pada profesional seperti psikolog atau dokter spesialis jiwa untuk dilakukan evaluasi dan dibantu mengatasi permasalahan yang timbul baik dengan konseling, psikoterapi, ataupun pengobatan jika diperlukan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jaga kesehatan mental Anda sebagai cara menjaga kesehatan jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mental yang Baik

Selain berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kesehatan mental merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan sebagai cara menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kondisi kejiwaan seperti depresi, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.