18 Jul 2020, 16:54Kandungan

Terlambat haid, apa hamil?

L
Info Penanya: L0
Dok saya mau tanya. Bulan lalu saya haid tgl 14 juni-20juni. Lalu saya berhubungan tgl 9 juli dan pasangan saya keluar diluar. saya jg baru pertama kali berhubungan intim dok, sehari setelah berhubungan keluar darah tapi tidak begitu banyak dan tidak begitu sedikit. perkiraan haid tgl 16juli menurut aplikasi, tetapi kenapa skrg blm jg haid ya dok?
11352 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, LTerima kasih atas pertanyaan Anda.Terjadinya kehamilan disebabkan oleh adanya sel sperma bertemu dengan sel telur pada wanita. Untuk membantu memudahkan hal tersebut perlu adanya dilakukan ejakulasi di dalam organ kewanitaan khususnya vagina agar terjadi kehamilan. Apabila, saat melakukan hubungan seksual tidak dilakukan ejakulasi di dalam vagina, maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangatlah kecil. Selain itu, perlu juga dilakukan hubungan seksual saat wanita sedang masa subur. Untuk mengetahui masa suburnya, perlu diketahui terlebih dahulu siklus haidnya.Normalnya, siklus haid pada wanita yaitu 21 hari sampai dengan 35 hari, yang dihitung dari hari pertama haid pada bulan ini, sampai dengan hari pertama haid pada periode bulan berikutnya. Terlambatnya siklus haid, kerap kali dikaitkan dengan kehamilan. Padahal, selain karena kehamilan terdapat beberapa kondisi yang bisa mempengaruhi siklus haid.

Adapun-kondisi yang isa mempengaruhi siklus haid adalah:

  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya masalah pada berat badan (obesitas)
  • Adanya perubahan berat badan mendadak
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • Adanya efek samping dari KB
  • PCOS
  • Stres
  • Kelelahan
Terkait dengan pertanyaan Anda, apabila hari pertama Anda haid pada bulan Juni adalah tanggal 14 sampai saat ini tanggal 19 Juli 2020 maka sudah 36 hari, artinya Anda sudah memasuki siklus terlambat haid. Penyebabnya bisa merupakan salah satu dari yang sudah disebutkan di atas. Untuk itu, usahakan tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, hindari stres dan kelelahan, cukupi kebutuhan cairan harian, lakukan olahraga dan istirahat dengan cukup.Apabila siklus haid masih belum lancar, segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat agar mandapatkan pengobatan yang sesuai.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
siklus haidkehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil