31 Dec 2020, 15:41Kandungan

Apa penyebab terjadinya flek kecoklatan saat siklus haid tidak teratur ?

HR
Info Penanya: HR0
Selamat siang dok, Saya yani usia 27thn saya sudah menikah usia pernikahan saya sudah 10bln tetapi saya blm memiliki anak tapi seminggu ini saya flek coklat disertai dengan kram pada perut pdhl saya tahu ini blm wktu haid saya Karena saya itu pertama haid bulan lalu tgl 12 nov seharusnya haid berikutnya 10 atau 11 Januari Haid saya siklus nya seperti itu dok, klo bulan September ini haid dibulan November haid berikutnya Tolong penjelasannya
545 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, Y.Menikah merupakan impian sebagian orang yang telah siap secara fisik, mental, maupun dari segi ekonomi. Dambaan segera memliki keturunan juga harapan di tiap pasangan. Seorang anak merupakan anugerah yang luar biasa, pelengkap di dalam kehidupan rumah tangga, yang dapat menghilangkan rasa lelah saat kita seharian berkerja. Namun memiliki keturunan juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak usaha yang dilakukan dalam memperoleh seorang anak, salah satunya dengan menjaga kesehatan diri untuk mempersiapkan tubuh menjalani kehamilan di masa akan datang.

Apa penyebab terjadinya flek kecoklatan saat siklus haid tidak teratur ?

Jika dilihat dari hari pertama haid terakhir Anda yang berlangsung tanggal 12 November hingga 10 Januari sekitar 60 hari itu merupakan siklus mentruasi yang panjang. Dimana siklus menstruasi normal sekitar 21 sampai 35 hari. Yang Anda alami flek kecoklatan selama 1 minggu disertai dengan keram perut dapat disebabkan oleh :
  • Merupakan proses implantasi janin di dinding rahim. Siklus menstruasi yang memanjang pada diri Anda salah satunya dapat disebabkan oleh kehamilan.
  • Gejala dimana haid akan segera berlangsung yang diawali dengan flek kecokltan saat premenstrual syndrome (PMS).
  • Gejala menstruasi yang terjadi dimana darah haid tidak terlalu banyak.
  • Gangguan hormon akibat metabolisme tubuh yang melambat akibat malnutrisi, penyakit kronis, penurunan hormon tiroid.
  • Penyakit karena kelebihan hormon androgen pada PCOS yang membuat menstruasi tidak kunjung datang.

Apa yang harus dilakukan agar siklus haid teratur ?

Untuk itu, Anda harus menjaga kesehatan Anda dengan menjalankan hidup yang lebih sehat lagi, termasuk menjaga berat badan ideal, pola makan yang bergizi, olahraga yang tertur, mengelola stress dengan baik, agar hormon di tubuh Anda menjadi seimbang , sehingga haid menjadi lebih teratur. Haid yang teratur dapat memudahkan perempuan dalam menentukan masa subur.Jika haid Anda tidak kunjung datang terlebih Anda mengalami gejala lainnya seperti nyeri dan perubahan pada payudara, ingin terus kencing walau minum hanya sedikit, perubahan suasana hati yang menjadi lebih sensitif, merasakan mual yang berlebih terutama di pagi hari, lakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack atau konsultasi secara langsung bersama pasangan ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmeningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil