Apa sakit pinggang sebelah kiri karena ginjal?

AR Info Penanya: AR, Pria, 28 Tahun
Sore Dok,Saya beberapa minggu ini mengalami sakit pinggang sebelah kiri, sudah periksa ke klinik dan di kasih obat untuk nyeri dan penghancur batu ginjal, tapi masih belum keluar dan hingga sekarang terkadang masih agak merasa nyeri. Saya cari informasi, dan ada yang bilang minum cal*****. Apakah obat tersebut boleh di minum tanpa resep dokter? Apakah nyeri ini sudah pasti karena ada nya batu? Padahal minum air putih sudah banyak setiap hari, walau akibatnya harus bolak balik buang air kecil.Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak AR,

Sakit pinggang sebelah kiri tidak mutlak hanya disebabkan oleh adanya batu ginjal. Penyebab sakit bisa saja berasal dari otot dan syaraf (terbanyak),posisi duduk dan posisi tubuh yang salah, adanya gangguan di saluran pencernaan, infeksi dan lain-lain. Untuk pemastiannya sebaiknya Bapak mengunjungi Dokter Spesialis Urologi (SpU) di Rumah Sakit terdekat untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Untuk pemastian adanya batu di ginjal atau saluran kencing lainnya, pertama – tama Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, diikuti dengan pemeriksaan Rontgen untuk melihat adanya batu dan posisi batu, dll.

Sebaiknya minum obat apapun harus selalu atas petunjuk Dokter, walaupun obat tersebut berupa herbal atau ekstrak tumbuhan /binatang tertentu (suplemen).

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terkilir dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang yang menimbulkan rasa nyeri

Ginjal Anda Bermasalah Jadi Penyebab Sakit Pinggang? Belum Tentu!

Kadang sulit membedakan sakit pinggang dan masalah ginjal karena titik rasa nyeri yang berdekatan. Terkilir juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang akibat cedera saat beraktivitas.