Apa sajakah penyebab sakit perut ?

AN* Info Penanya: AN*
Dokter saya ingin bertanya, 4 hari yg lalu perut saya yg sebelah kiri tidak sengaja tertendang oleh adik saya. Keesokan harinya saya tidak merasakan efek apapun tapi saya merasa kurang nyaman. Hari ketiga, pagi pagi saya merasakan sakit perut yang tak tertahan dan saya mencret tetapi setelah minum obat sakit perut, perut saya sudah tidak sakit lagi. Hari keempat saya tidak bisa buang air besar dan sakit perutnya terasa ringan tapi berpindah pindah. Hari ini, perut saya terasa panas dan sakit perut nya juga berpindah pindah. Menurut dokter, apakah ini merupakan gejala usus buntu? Atau batu ginjal? Atau hanya sakit perut karena penumpukan gas? Jika tidak ketiga nya saya terkena penyakit apa dok? Dan apa yg harus saya lakukan? Mohon dijawab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, CY.

Nyeri perut bisa merupakan salah satu gejala yang di rasakan oleh seseorang jika terjadi gangguan pada organ-organ di rongga perut ataupun adanya suatu trauma dari luar yg mengenai dinding perut, bisa akut ataupun kronik.

Penyebab dari keluhan anda antara lain :

- Gangguan pada saluran pencernaan seperti gastritis, infeksi pada usus, gangguan pasase usus 

- Keracunan makanan

- Gangguan kecemasan

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya anda ke dokter karena butuh anamnesa (tanya-jawab) lebih lanjut tentang keluhan anda, pemeriksaan fisik seperti tekanan darah, nadi, laju napas, suhu, di dengar bising usus anda, adakah penekanan pada dinding perut anda, dan pemeriksaan penunjang (laboratorium, foto polos abdomen, USG) sesuai indikasi, agar terapi yang di berikan bisa optimal.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

 

 

 

 

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering kentut bisa menjadi gejala dari adanya gangguan pencernaan tertentu

8 Kondisi yang Menyebabkan Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Kentut adalah hal yang normal karena merupakan bagian dari berjalannya proses pencernaan. Akan tetapi, sering kentut bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi ini juga bisa jadi pertanda dari gangguan pencernaan tertentu.