08 May 2019, 02:58Perut

Apa sajakah penyebab nyeri perut sebelah kanan?

A
Info Penanya: A, Pria, 33 Tahun
Dokter, bapak saya umur 65 th sakit perut udah 4 hari ini, bagian sebelah kanan sampai kadang sampai ke pinggang, apa ni gejala batu ginjal dokter? Trus apa solusinya dokter?
46951 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat Siang, A.Nyeri perut sebelah kanan dapat terjadi berasal dari organ-organ di rongga perut sebelah kanan. Beberapa penyakit yang pada umumnya menimbulkan nyeri perut sebelah kanan, ialah:
  • Batu ginjal. Penyakit ini dikarenakan adanya batu di dalam ginjal yang menimbulkan nyeri mendadak dan dapat menjalar ke pinggang bagian belakang. Jika batu ginjal masih kecil, maka dengan minum banyak air putih dapat meluruhkan batu dan membuat batu ginjal keluar secara alami. Namun jika batu ginjal sudah besar, maka perlu prosedur khusus untuk mengeluarkannya.
  • Kolik bilier. Penyakit ini berupa adanya sumbatan pada saluran empedu atau batu empedu. Gejala dapat disertai mual dan muntah. 
  • Kolesistitis. Peradangan pada kantung empedu. Gejalanya biasanya disertai dengan demam, mual atau muntah.
  • Sembelit. Kesulitan buang air besar juga dapat menimbulkan nyeri perut bagian kanan.
  • Hepatitis. Kondisi dimana terdapat peradangan pada hati atau liver. Biasanya gejalanya disertai dengan demam, mata kuning atau kulit kuning, mual, dan sebagainya.
  • Appendisitis. Jika nyeri lebih dirasakan di perut kanan sebelah bawah maka dapat dicurigai sebagai tanda adanya appendisitis atau radang usus buntu. Penyakit ini dapat disertai dengan gejala demam, nyeri hebat, mual atau muntah, dan kehilangan nafsu makan. Penyakit ini biasanya dibutuhkan prosedur pembedahan segera oleh Dokter Bedah.
Untuk mengetahui penyebab nyeri perut sebelah kanan dan sudah berlangsung selama empat hari, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar diperiksa lebih lanjut dan diberikan penanganan yang tepat sesuai indikasi. Untuk meredakan gejala nyeri , Anda dapat mengonsumsi paracetamol untuk sementara.Semoga bermanfaat.Salam sehat. dr. Riani AZ
penyakit dalamsakit perutperut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil