Apa sajakah penyebab nyeri dada ?

RD Info Penanya: RD, Pria, 19 Tahun
Dokter saya ingin bertanya...Saya sering mual& ingin muntah ketika sikat gigi,usai muntah kemarin dada sebelah kiri terasa nyeri sampai merasuk kebelakang.ini kenapa ya dok, rasanya tidak nyaman dan takut kenapa2.. tolong di jawab ya dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RD.

Keluhan mual saat menggosok gigi bisa disebabkan karena penggunaan sikat gigi yang besar, sakit maag (syndrome dyspepsia) atau penggunanaan pasta gigi yang tidak tepat. Sementara nyeri dada kiri bisa disebabkan karena adanya masalah pada jantung, paru-paru, saluran pencernaan, muskuloskeletal (tulang dan otot), dan psikosomatik.

Beberapa penyebab nyeri dada kiri antara lain:

  • Jantung, seperti penyakit jantung koroner, diseksi aorta, perikarditis
  • Saluran pencernaan, misalnya syndrome dispepsia, gastroesophageal reflux disease (GERD), ulkus peptikum
  • Paru, seperti emboli paru, pleuritis
  • Muskuloskeletal, seperti costocondritis, fibromialgia, trauma
  • Gangguan kecemasan

Nyeri dada yang anda rasakan tidak selalu menandakan adanya gangguan pada jantung. Untuk menegakkan penyebab nyeri dada, dokter perlu melakukan beberapa pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan keluhan anda. Agar pengobatannya tepat sasaran.

Jika keluhan nyeri dada yang anda rasakan masih menetap, dan nyeri menjalar ke lengan kiri, rahang, tembus ke punggung, dan di sertai dengan keringat dingin, sesak, mual, pusing, berdebar-debar sebaiknya anda segera ke dokter untuk dilakukan suatu pemeriksaan lebih lanjut.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat jantung bengkak tergantung dari pemicu jantung bengkaknya, bila diakibatkan oleh serangan jantung, maka obat jantung bengkak yang diberikan akan berupa obat untuk mengatasi serangan jantung

Apa Saja Obat Jantung Bengkak yang Diberikan Dokter?

Tahukah Anda bahwa jantung bengkak bisa menjadi indikasi adanya gangguan jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan sebagainya? Namun, Anda tidak perlu khawatir karena obat jantung bengkak bisa diberikan untuk mengontrol gejala jantung bengkak yang dialami.