Apa sajakah penyebab keputihan ?

IR Info Penanya: IR, Pria, 19 Tahun
saya mengalami keputihan sdh beberapa hr yg lalu. terasa gatal di bagian bibir Miss V. dan terasa semakin gatal klo terkena air. apakah itu bahaya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IR.

Keputihan merupakan gejala keluarnya cairan dari keluar dari liang vagina secara berlebihan dan tidak berupa darah.

Keputihan ada yang normal (fisiologis) dan abnormal (patologis). Keputihan normal biasanya terjadi menjelang dan sesudah haid, mendapatkan rangsangan seksual, stress berat, sedang hamil atau mengalami kelelahan. Cairan yang keluar berwarna jernih atau kekuningan, tidak berbau dan tidak terasa gatal, tidak perlu tindakan medis tertentu.

Keputihan yang abnormal biasanya jumlah lebih banyak, warnanya putih seperti susu basi, kuning atau kehijauan, disertai dengan rasa gatal dan pedih, terkadang bau busuk dan amis. Keputihan menjadi salah satu tanda atau gejala adanya kelainan pada organ reproduksi wanita. Kelainan tersebut dapat berupa infeksi (bakteri, jamur, parasit, virus), polip leher rahim,tumor (jinak atau ganas). Namun tidak semua infeksi pada saluran reproduksi wanita memberikan gejala keputihan.

Penyebab keputihan umumnya disebabkan oleh perilaku yang tidak sehat seperti wc yang kotor, sering bertukar celana dalam atau handuk dengan orang lain, membasuh organ kewanitaan ke arah yang slah, kelelahan, tidak segera mengganti pembalut, stres, sabun pembersih yang berlebihan, lingkungan yang kotor, kadar gula darah yang tinggi dan hormon yang tidak seimbang

Bagaimana pencegahan keputihan ?

  • Menghindari berganti-ganti pasangan hubungan seksual
  • Menjaga kebersihan alat kelamin
  • Membilas vagina ke arah yang benar
  • Mengeringkan vagina sebelum memakai celana dalam
  • Mengurangi konsumsi makanan yang manis
  • Memakai celana dalam yang menyerap keringat dan tidak ketat

Kebanyakan kasus dengan keluhan keputihan tidaklah berbahaya, namun mengingat begitu banyak penyebab dari keputihan, sebaiknya anda kontrol ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan anda, agar terapi yang diberikan sesuai.

Selanjutnya tentang keputihan dapat anda liat pada artikel ini.

 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu air di tangan bias diobati dengan salep santijamur

Ini Cara Menghilangkan Kutu Air di Tangan yang Efektif

Kutu air di tangan umumnya dapat diatasi dengan penggunaan krim antijamur jenis tertentu, seperti mikonazol. Jika tidak segera diatasi, kutu air bisa meluas ke area tubuh lain, bahkan menular ke orang lain.