Apa sajakah penyebab haid tidak lancar ?

AA Info Penanya: AA
"sore dok, dokter saya ingin bertanya. Saya sudah telat menstruasi kurang lebih 37hari.. Terakhir saya mens sebelum lebaran 25mei kemarin. Saya tidak pernah berhubungan intim karna saya belum menikah. Usia saya sekarang jalan 22th. Jerawat keluar terus dok akibat saya ngga mens mens. Mood juga tidak stabil. Sering keputihan tp tidak kunjung menstruasi. Apa kah itu tidak apa apa dok? Apa saya harus cek lebih lanjut? Terimakasih dok. "
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AA.

Terkait dengan keluhan haid yang tidak lancar, hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya: 

- Fungsi hormon terganggu, haid terkait erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu.

- Kelainan Sistemik, tubuh sangat gemuk atau kurus dapat mempengaruhi siklus haidnya karena sistem metabolisme di dalam tubuhnya tak bekerja dengan baik, atau wanita yang menderita penyakit diabetes, juga akan mempengaruhi sistem metabolisme sehingga siklus haidnya pun tak teratur.

- Stress, stress akan mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh, karena stress, wanita akan menjadi mudah lelah, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan, sehingga metabolisme terganggu. Bila metabolisme terganggu, siklus haid pun ikut terganggu.

- Kelenjar Gondok, terganggunya fungsi kelenjar gondok/tiroid juga bisa menjadi penyebab tidak teraturnya siklus haid. Gangguan bisa berupa produksi kelenjar gondok yang terlalu tinggi (hipertiroid) maupun terlalu rendah (hipertiroid), yang dapat mengakibatkan sistem hormonal tubuh ikut terganggu. 

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan secara langsung agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

Beberapa tips yang dapat dilakukan :

- Hindari dan kelola stres

- Olahraga yang cukup

- Konsumsi makanan sehat

- Minum air putih yang cukup 2 liter/hari

- Istirahat yang cukup dengan tidur 7-8 jam malam hari

- Hindari rokok, asap rokok dan alkohol

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perimenopause adalah masa menuju menopause yang dapat dialami oleh wanita berusia 30-40 tahun

Perimenopause Adalah Masa Peralihan ke Menopause, Begini Ciri-cirinya

Perimenopause adalah masa menuju menopause yang dapat dialami oleh wanita berusia 30-40 tahun