Apa sajakah penyebab batuk ?

AR Info Penanya: AR, Pria, 19 Tahun
Dok saya batuk udah hampir 2 bulan udah berobat dua kali ke dokter sp,p ..brgkli saya terkena pnykit paru2 bsah jdi saya lgsg k spesialis tp sampai saat ini masih belum ada perubahan batuknyaa dok,,napasnya sesak batuk awalnya kering tp sekarang batuk berlendir,, mohon dok mnta pencerahan dan apa yang harus saya lakukan untuk mengobati san mencegah batuk saya agar sembuh total,,????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AR.

Keluhan yang anda rasakan masih bersifat akut. Penyebab utamanya adalah infeksi saluran nafas atas,  pertusis, asma, eksaserbasi penyakit paru obstruktif kronis, tuberkulosis, pneumonia, dan bronkitis akut.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab dari batuk diantaranya :
1) Rangsangan mekanis, misalnya asap rokok, debu, dan tumor
2) Adanya perubahan suhu yang secara cepat dan mendadak
3) Rangsangan kimiawi, misalnya gas dan bau – bauan
4) Adanya peradangan atau infeksi karena bakteri atau jamur
5) Reaksi alergi

Untuk mengetahui penyebab dan diagnosis dari keluhan anda, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang (laboratorium, rontgen) sesuai indikasi. Anda sebaiknya kontrol ulang ke dokter spesialis paru yang sama, agar di evaluasi keberhasilan terapi yang telah diberikan. Sehingga dapat dipertimbangkan untuk pemeriksaan lain atau pemberian obat lain sesuai indikasinya. Anda bisa menanyakan ke dokter juga terkait diagnosis penyakit anda.


Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri TBC bisa muncul setelah 1-12 minggu Anda terpapar bakteri Mycobacterium tuberculosis

Ciri-Ciri TBC Tak Hanya Batuk Berdahak

Tuberkulosis, atau kerap disingkat TBC termasuk penyakit menular yang paling sering menyerang paru-paru. Menurut WHO, penyakit ini adalah salah satu dari 10 penyebab utama kematian di seluruh dunia. Karena itu, ciri-ciri TBC penting untuk diketahui agar tidak terlambat ditangani dan berujung fatal.