Apa saja yang dapat menyebabkan seseorang mimisan ?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 19 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, saya chacha umur saya 24 tahun dan saat ini saya sedang dalam kondisi hamil anak pertama saya. Awal mula kehamilan saya tidak begitu sering mimisan, tetapi semakin kesini ketika saya mulai banyak pikiran pasti saya selalu mimisan dan itu tidak sedikit, mimisan saya banyak seperti air mengalir tapi hanya beberapa detik saja biasanya 30detik langsung selesai, dan dari darah mimisan terdapat darah-darah kecil yang menggumpal, lalu sebelumnya semasa kuliah saya sakit thalasemia akan tetapi itu sudah sembuh, apakah ada hubungan nya dengan thalasemia tersebut atau tidak? Karena ketika saya sudah mimisan badan saya sangat lemas sekali. Pernah saya kerumah sakit karena saking seringnya saya mimisan saya sampai transfusi darah, ditambah lagi golongan darah saya AB agak susah dicari, jadi sebenarnya apa penyebab mimisan yang terjadi terus menerus?? Apakah ada solusi atau alternatif lain dok, untuk mengobati mimisan saya ini. Saya mohon jawaban secepat nya ya dok, Terimakasih sebelum nya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, CD.

Mimisan atau epistaxis merupakan perdarahan spontan dari dalam hidung. Berdasarkan atas daerah asal perdarahan epistaksis dibagi atas dua kategori, yaitu epistaksis anterior dan posterior. Diagnosis dan penanganan epistaksis bergantung pada lokasi dan penyebab perdarahan.

Penyebab epistaksis dapat berupa penyebab lokal maupun sistemik;
- Penyebab lokal termasuk epistaksis idiopatik, trauma (patah tulang hidung, mengorek hidung terlalu keras), inflamasi, neoplasia/tumor, vaskular, iatrogenik, kelainan struktural, dan obat-obatan seperti semprot hidung, benda asing di hidung.
- Penyebab sistemik berupa kelainan hematologi (hemofilia, leukemia), lingkungan (temperatur, kelembaban dan ketinggian), obat-obatan (contoh antikoagulan), gagal organ (uremia dan gagal hati), serta penyebab lain misalnya hipertensi.

Terkait dengan keluhan anda, mimisan bisa terjadi pada pasien dengan thallasemia karena adanya disfungsi dari organ limpa dan menurunnya produksi trombosit. Namun tidak menyingkirkan adanya penyebab lain. sebaiknya periksakan diri anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk di lakukan pemeriksaan lebih lengkap agar dapat diketahui penyebab pasti dari keluhan anda.

Berikut yang anda dapat lakukan saat mimisan:
• Posisikan kepala agak menunduk, untuk menghindari tersedak.
• Memencet hidung bagian depan selama 10-15 menit, selama pemencetan bernapas lewat mulut, bisa di ulang. Jika tidak berhenti sebaiknya kunjungi dokter.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hemofilia adalah kelainan perdarahan yang bersifat genetik dan menyebabkan darah sulit membeku

Darah Tak Kunjung Berhenti Saat Terluka? Waspadai Gejala Hemofilia

Hemofilia adalah kelainan perdarahan yang bersifat genetik dan menyebabkan darah sulit membeku. Selain faktor keturunan, hemofilia dapat disebabkan oleh kanker, penyakit tertentu, dan kondisi autoimun.