Apa saja risiko rambah tato di tangan?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dokter, anak saya terus meminta izin untuk gambar tato di tangan. Bukannya saya melarang karena apa, saya takut itu berbahaya untuk kesehatan kulitnya. Apa aja sih dok risiko kesehatannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Tato adalah salah satu seni gambar pada kulit yang dilakukan dengan penusukan jarum dan pewarnaan, sehingga gambar yang ada akan menetap karena sudah masuk ke dalam pori-pori kulit.

Beberapa risiko bila seseorang melakukan tato pada tubuh:

  • Infeksi menular seperti HIV atau hepatitis B. Hal ini bisa terjadi bila jarum yang digunakan dipakai secara bergantian dengan orang lain.
  • Reaksi iritasi atau alergi terhadap bahan tinta yang dipakai untuk menggambar.
  • Pada kulit yang sensitif bisa muncul keloid bekas luka tusukan jarum tersebut.
  • Adanya penyesalan di kemudian hari untuk menghilangkan gambarnya bila gambar tato tersebut sudah tidak diinginkan.

Tato yang ada bisa dihilangkan namun tentunya akan menyisakan bekas dan tidak bisa pulih seperti kulit sedia kala. Sehingga perlu dipikirkan secara matang apakah sudah yakin ingin melakukan tato pada tubuh dan pertimbangan gambar apa yang akan dilakukan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Selain itu pastikan untuk melakukan tato di tempat yang terjamin kebersihan dan kualitasnya. Karena adanya kesalahan atau adanya risiko infeksi menular bisa berakibat fatal dan menetap seumur hidup. Sebaiknya anak Anda berpikir ulang sebelum melakukan tato pada tubuhnya dan pastikan usianya sudah cukup umur untuk memutuskan tindakannya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

manfaat dan cara membuat toner alami untuk kulit wajah

Ketahui Cara Membuat Toner Alami dengan 4 Bahan Ini

Cara membuat toner alami ternyata sederhana dan bahannya juga mudah didapat. Anda bisa membuat toner dari cuka apel hingga lidah buaya. Intip caranya!