30 Jul 2020, 12:42Kandungan

Apa saja risiko dan manfaat jahe untuk kesehatan ibu hamil?

SL
Info Penanya: SL0
Dokter, kemarin saya ngobrol-ngobrol dengan sesama ibu hamil, katanya jahe memiliki manfaat namun juga ada risikonya ya untuk ibu hamil?
5443 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaSebagai warga negara Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan tanaman jahe. Jahe sendiri adalah salah satu rempah pada masakan yang juga merupakan salah satu tanaman obat yang kerap digunakan. Hal ini dikarenakan banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh tanaman jahe ini. Umumnya jahe bisa diklonsumsi mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan terdapat beberapa manfaat pada jahe yang baik untuk ibu hamil.

Adapun beberapa manfaat dari jahe bagi ibu hamil adalah:

  • Mengurangi rasa mual dan muntah terutama saat trimester pertama
  • Membantu meredakan perut kembung
  • Membantu meredakan nyeri otot
  • Membantu menangkal bakteri dan virus
  • Membantu menyembuhkan peradangan
  • Membantu mengatasi adanya masalah pada sistem pencernaan
Sebaiknya, konsumsilah jahe dengan secukupnya dan tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan, dengan mengonsumsi jahe secara berlebihan memiliki risiko yang tidak baik bagi ibu hamil dan juga janin. Adapun beberapa risiko yang bisa timbul karena terlalu banyak mengonsumsi jahe adalah berat badan bayi lahir rendah, keguguran, pada sebagain orang juga dapat menyebabkan neyri ulu hati, nyeri perut, diare dan lain sebagainya.Pastikan Anda juga tetap mengonsumsi makanan bergizi yang lainnya, cukupi kebutuhan cairan harian, hindari stres dan kelelahan, perbanyak sayur dan buah-buahan serta rutinlah melakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan bila terdapat keluhan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
nutrisi ibu hamilkehamilanjahe
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil