06 Jun 2020, 12:24Kandungan

Apa saja perlengkapan yang perlu disiapkan sebelum melahirkan?

L
Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, saya takut istri saya panik sebelum melahirkan. Sebenarnya apa yang perlu saya siapkan sebelum ke rumah sakit?
8229 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang L,Melahirkan harus tenang agar kondisi ibu dan janin bisa baik, karena adanya kecemasan akan menyebabkan jantung berdebar lebih cepat dan mempengaruhi sirkulasi darah pada janin.
Menjadi suami siaga merupakan kewajiban bagi suami, baik dari segi materi maupun moril yakni mendampingi istri selama masa kehamilan terutama menjelang persalinan. Persalinan ini bisa diprediksi berdasarkan hasil USG atau berdasarkan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir), selain melihat tanda-tanda yang muncul pada istri.

Yang perlu dipersiapkan sebelum ke RS:

  • Sediakan tas yang berisi perlengkapan mandi dan baju untuk istri dan bayi, seperti pampers atau popok bayi, pembalut ibu melahirkan, minyak kayu putih, topi, sarung tangan dan kaos kaki untuk bayi, selimut untuk menghangatkan bayi.
  • Letakkan buku ibu dan anak pada tas tersebut.
  • Sediakan kartu berobat dan uang.
Bila istri sudah mulai merasa ada kontraksi atau kram perut, ada cairan yang mendadak keluar seperti air kencing padahal tidak sedang kencing, muncul darah lendir dari vagina, maka segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit atau bidan terdekat bila tidak ada riwayat penyulit pada kehamilannya. Tetap tenang dan jangan panik, atur napas dengan cara tarik napas dalam-dalam, dan hembuskan secara perlahan.Bila sebelumnya ada riwayat penyulit atau ada kondisi yang mengharuskan istri Anda melahirkan melalui operasi caesar, maka segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit.Salam sehat,dr. Vina
operasi caesarpersalinanmelahirkan normal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil